DETAIL DOCUMENT
Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Program Full Day School (Studi Kasus di SDIT Insan Utama Yogyakarta)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Author
Lis Yulianti Syafrida Siregar
Subject
 
Datestamp
2021-10-30 06:36:15 
Abstract :
PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM FULL DAY SCHOOL (STUDI KASUS DI SDIT INSAN UTAMA YOGYAKARTA) Abstrak Pendidikan adalah sarana efektif bagi pembentukan karakter. Namun faktanya, kekerasan, tawuran, pornografi, tindakan amoral, pergaulan bebas, narkoba telah menjadi fenomena rendahnya karakter. Sehubungan dengan itu penelitian ini bertujuan untuk menggali, mengkaji, dan mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter melalui program full day school. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penguatan pendidikan karakter melalui program full day school dilakukan dengan tiga pendekatan, yaitu pendekatan berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis masyarakat. Karakteristik penguatan pendidikan karakter melalui program full day school menerapkan konsep integrated curriculum dan integrated activity. Dampak psikologis bagi siswa peserta full day school selama ini baik dikarenakan pelaksanaan pembelajaran memperhatikan aspek psikologis anak dengan dunia bermainnya. Penguatan pendidikan karakter melalui program full day school dapat dilakukan dengan menciptakan positive schooling. Berdasarkan temuan hasil penelitian disimpulkan bahwa penguatan pendidikan karakter dapat dilakukan melalui program full day school . 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta