Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pioneer-status sebuah merek terhadap sikap konsumen dalam kategori produk minuman teh botol. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (a) terdapat perbedaan sikap yang signifikan antara Sosro dengan Frestea pada konsumen yang mengetahui bahwa Sosro sebagai merek pionir, (b) terdapat perbedaan sikap yang signifikan antara konsumen yang mengetahui bahwa Sosro merupakan merek pionir dengan konsumen yang mengetahui bahwa Frestea merupakan merek pionir. Sampel dalam penelitian ini adalah orang yang pernah mengkonsumsi Sosro dan Frestea. Metode pengambilan sampel secara non probabilitas dengan convenience sampling. Data diperoleh melalui data primer dengan cara membagikan kuesioner untuk ditanggapi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji beda paired sample t test dan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan: (a) terdapat perbedaan sikap yang signifikan antara Sosro dengan Frestea pada konsumen yang mengetahui bahwa Sosro sebagai merek pionir, yang ditunjukkan oleh nilai signifikan 0,000, dan (b) terdapat perbedaan sikap yang signifikan antara konsumen yang mengetahui bahwa Sosro merupakan merek pionir dengan konsumen yang mengetahui bahwa Frestea merupakan merek pionir pada tingkat signifikansi 10%.