DETAIL DOCUMENT
STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS RUMAH WARNA YOGYAKARTA DALAM MENGKOMUNIKASIKAN PRODUK DAN USAHANNYA
Total View This Week2
Institusion
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Author
SISMI RAHAYU
Subject
 
Datestamp
2022-02-16 03:34:32 
Abstract :
Seiring dengan meningkatnya persaingan di dunia industri, peranan dan aktivitas Public Relations (PR) pun semakin meningkat. Implementasi marketing juga semakin dibutuhkan. Peranan PR disini dibutuhkan dalam hal strategi komunikasi untuk mengetahui kebutuhan konsumen. Rumah Warna adalah salah satu dari begitu banyaknya usaha yang ada di Yogyakarta yang mendayagunakan PR untuk mengimplementasikan Marketing Public Relations. Impelemntasi Marketing public relations yang dilakukaj PR Rumah Warna ini membuahkan basil yang memuaskan yaitu sanggup meningkatkan produksi dan penjualan yang cukup signifilcan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendiskripsikan strategi Marketing Public Relations Rumah Warna Yogyakarta dalam mengkomunikasikan produk dan usahanya. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara sedangkan hasilnya diolah dengan menggunakan metode triangulasi narasumber. Strategi MPR di Rumah Wama disusun oleh PR berdasarkan 1) pull strategy yaitu dengan mengedukasi konsumen melalui publikasi menggunakan dan events, 2) push strategy yaitu dengan melakukan program value added (memberikan nilai tambah pada produk) dan costumer satisfied (menciptakan kepuasan bagi pelanggan) yaitu program kepedulian masyaralcat dan publikasi, dan 3) pass strategy yaitu melalui program costumer relationship (menjalin hubungan balk dengan pelanggan) dan social responsibility (program tanggungjawab social) yaitu melalui aktif dalam kegiatan sponsorship dan kepedulian masyarakat. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta