Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkap peran keluarga dalam
meningkatkan rasa percaya diri dan tingkat religiusitas siswa tuna grahita SLB Negeri
1 Bantul Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifaat deksriptif dan objek
penelitian ini ialah orangtua dan siswa tuna grahita SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta.
Metode pengumpulan data antara lain menggunakan metode observasi, wawancara
dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis
dengan menggunakan pola berpikir induktif kemudian disimpulkan untuk menjawab
persoalan yang timbul selama penelitian.
Hasilnya menunjukkan bahwa rasa percaya diri siswa tuna grahita sangat tergantung
kepada sikap dan perilaku keluarga. Dalam hal ini, orangtua berperan penting dalam
menimbulkan motivasi kepada siswa penyandang tuna grahita. Selain motivasi,
orangtua juga tidak perlu menyembunyikan anaknya yang berbeda. Karena setiap
anak juga memiliki hak untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Cara orangtua
untuk meningkatkan religiusutas siswa tuna grahita yaitu dengan sering mengajak
anak penyandang tuna grahita mengikuti kegiatan keagamaan
Kata Kunci: rasa percaya diri, religiusitas, keluarga, tuna grahita