Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal usaha, kualitas SDM, pemasaran dan dukungan sosial terhadap pengembanhan usaha ekonomi kreatif di pedesaan daerah istimewa yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah pelaku usaha ekonomi kreatif di 17 pedesaan daerah istimewa yogyakarta. Dalam penelitian sampel berjumlah 100 responden yang dipilih menggunakan purposive sampling dan diolah menggunakan IBM SPSS 22. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, hasil penelitian ini menunjukan bahwa modal usaha (X1) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan usaha ekonomi kreatif di pedesaan daerah istimewa yogyakarta. Kualitas SDM (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengembangan usaha ekonomi kreatif di pedesaan daerah istimewa yogyakarta. Pemasaran (X3) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengembangan usaha ekonomi kreatif di pedesaan daerah istimewa yogyakarta. Dukungan sosial (X3) memiliki pengaruh yang positif dan signifikansi terhadap pengembangan usaha ekonomi kreatif di pedesaan daerah istimewa yogyakarta.Kata Kunci: Modal Usaha, Kualitas Sumber Daya Manusia, Pemasaran, Dukungan Sosial, dan Pengembangan Usaha Ekonomi Kreatif.