Integritas akademik merupakan nilai yang sangat mendasar dalam proses pembelajaran, pengajaran dan ilmu pengetahuan. Adanya integritas akademik membuat mahasiswa berkomitmen untuk mengedepankan nilai kejujuran meskipun di situasi yang buruk. Self-efficacy adalah suatu keyakinan diri dalam mengevaluasi kemampuanya untuk mengatasi hambatan, menyelesaikan tugas dan mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-efficacy dengan integritas akademik pada mahasiswa ilmu keperawatan.
Metode penelitian ini menggunakan desain kuantitatif cross sectional. Sampel berjumlah 215 mahasiswa ilmu keperawatan dengan menggunakan Stratified random sampling. Data yang diolah dengan spearman. Penelitian ini menggunakan 2 alat ukur yaitu kuesioner self-efficacy dan kuesioner integritas akademik.
Hasil penelitian menunjukan gambaran self-efficacy pada mahasiswa ilmu keperawatan mayoritaas berada dalam kategori tinggi sebanyak 155 responden (72,2%). Sementara itugambaran integritas akademik pada mahasiswa ilmu keperawatan mayoritas berada dalam kategori baik sebanyak 196 responden (91,2%). Dari hasil analisis terdapat hubungan antara self-efficacy dengan integritas akademk dengan nilai signifikansi pada hasil menunjukan 0,000 (p<0>
Kesimpulanya terdapat hubungan antara self efficacy dengan integritas akademik pada mahasiswa ilmu keperawatan.