Abstract :
Penelitian yang berkaitan dengan Bimbingan dan Konseling yang beralokasi di SLTP Negeri 15 Yogyakarta dengan tujuan untuk mengetahui masalah-masalah yang dialami oleh siswa, factor-faktor yang melatar belakangi timbulnya permasalahan dan upaya-upaya dalam menangani siswa bermasalah serta hasil yang telah dicapai. Metode yang digunakan untuk mclaksanakan penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengumpulkan data dad pentium lapangan dengan melibatkan Kepala Sekolah, Wali Kelas, Guru bidang studi, dan siswa SLTP Negeri 15 'Yogyakarta. Yang mendorong penelitian ini adalah adanya realitas hidup yang dapat diamati secara nyata bahwa setiap manusia memiliki masalah. balk besar maupun kecil, dapat bcrupa psikhis ataupun fisik, sosial, don problem-problem lain yang timbul dari internal dan eksternal manusia. Munculnya berbagai masalah tersebut mendorong peneliti untuk mempelajari permasalahan tersebut lebih lanjut, sehingga akan memberikan masukan yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembimbing di sekolah dalam menangani siswa bennasalah. 14asil penelitian yang dapat .diperoleh adalah ; pertama, jenis-jenis masalah yang dilakukan siswa, meliputi membolos, nakal, dating terlambat, manja, tidak sholat, lamban, •benengkar dan miras. Kedua, pada dasamya hal-hal yang melatar belakangi timbulnya siswa bermasalah dari aspek internal dan eksternal. Aspek Internal yang menonjol adalah sikap egosentris siswa yang sangat besar dan rasa sosialisasi siswa yang belum berkembang. Sedangkan aspek eksternal yang dominan adalah dad kondisi ekonomi yang rendah dan dari keluarga broken home. Saran yang disampaikan, hendaknya siswa supaya mengembangkan diri sesuai dengan potensinya. Guru BK hams selalu waspada terhadap keadaan siswa. Kemudian perlu adanya kerjasama antara Kepala Sekolah dengan Guru BK, Wali Kelas dan Orangtua siswa dalam menangani perrnasalahan pars siswa.