Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atau menguji Pengaruh
Ukuran perusahaan, Leverage, Profitabilitas dan Kebijakan Dividen
terhadap Nilai Perusahaan. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 86
perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, yang telah
mempublikasikan laporan keuangan dalam bentuk ICMD pada tahun 2007-2011.
Teknik pengambilan sampel menggunakan jenis purposive sampling. Uji
hipotesis dan analisis data menggunakan asumsi klasik (Uji normalitas, uji
multikolonieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi), uji regresi linier
berganda, uji T, uji F dan uji determinasi koefisien.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ukuran
perusahaan, leverage, profitabilitas dan kebijakan dividen berpengaruh positif dan
signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci : Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, kebijakan Dividen
dan Nilai Perusahaan