Abstract :
Studi ini berusaha untuk mengetahui Kegiatan dan pelaksanaan customer relations gerai esia
dalam mengelola keluhan pelanggan esia di Semarang. Dan untuk mengetahui Faktor pendukung
dan penghambat kegiatan customer relations gerai esia dalam mengelola keluhan pelanggan esia
di Semarang. Kerangka teori customer relations membahas pengertian customer relations,
strategi customer relations dalam menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan pelanggan
(customer). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. yaitu suatu
penelitian mendalam mengenai unit sosial tertentu yang hasilnya merupakan gambaran yang
lengkap tentang organisasi dan seluk-beluknya Dalam penelitian ini, kasus yang diteliti adalah
strategi PR yang dijalankan oleh Customer Relations dalam upaya mengelola keluhan pelanggan
di Gerai Esia Semarang. Penelitian ini dilakukan di Gerai Esia Semarang Tehnik analisi data
bersifat kualitatif, yaitu penelitian yang menunjukan kualitas dari sesuatu yang berupa keadaan
aatu proses kejadian. Peristiwa dan lain-lain yang dinyatakan dalam bentuk kata-kata. Hasil
kesimpulan dalam penelitian ini aktivitas customer relations di gerai esia Semarang belum secara
murni dikerjakan oleh customer relations itu sendiri dikarenakan masih banyak kendala yang
dihadapi oleh PT Bakrie Telecom Semarang sebagai operator yang baru saja didirikan di Jawa
tengah ini. Kendala tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain faktor sumber daya
manusia, faktor fungsional dan faktor sruktural.