Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap konsumen terhadap pisang cavendish dan membandingkn atribut buah cavendish yang diminati oleh konsumen di Yogyakarta. Lokai penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) dan penentuan responden secara kebetulan (accidental sampling). Jumlah responen yang dijadikan sampel terdiri dari 50 orang konsumen di kios buah dan 50 orang masyrakat Yogyakarta. Data primer diperoleh dari hasil wawancara, pengisian kuisioner oleh responden dan menggunakan goggle form, sedangkan data sekunder didapatkan dari Badan Pusat Statistik Yogyakarta. Karaktersiktik konsumen yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, usia dan penghasilan. Atribut pisang Cavendish yang digunakan adalah warna kulit, ukuran buah, aroma buah, harga buah, tekstur buah, rasa buah, kesegaran buah dan kebersihan buah. Analisis Anova away digunakan untuk mengetahui atribut mana yang lebih disukai konsumen. Analisis one way menunjukkan hasil yang paling dipertimbangkan oleh konsumen di kios buah adalah kesegaran buah, tekstur buah, dan kebersihan buah, sedangkan konsumen pasar modern atribut yang paling dipertimbangkan adalah tekstur buah, kesegaran buah dan kebersihan buah.