DETAIL DOCUMENT
STRATEGI KREATIF PROGRAM ACARA TALK SHOW EMPAT MATA DI TRANS 7
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Author
ADENNIS RESTI ARIYANI
Subject
 
Datestamp
2022-07-20 07:50:02 
Abstract :
Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi kreatif program acara talk show Empat Mata di TRANS 7. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi kreatif program acara talk show Empat Mata di TRANS 7. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menerapkan strategi kreatifnya. Sedangkan kerangka teori dalam penelitian ini melihat bahwa strategi kreatif program acara televisi merupakan bagian dari pewujudan visi dan misi media pertelevisian yang salah satunya adalah menerapkan strategi kreatif demi keberlangsungan suatu program acara. Penelitian ini menggunakan teknik studi kasus kualitatif dengan menggunakan langkah-langkah analisis data sebagai berikut: (1) Pengumpulan data yaitu dengan melakukan wawancara dengan produser dan tim kreatif Empat Mata, observasi di TRANS 7 dan dengan menyaksikan program acara Empat Mata di televisi, serta dokumentasi dengan mengambil foto-foto para pemain, tempat produksi di studio 9 beserta proses produksinya. (2) Reduksi data dengan meringkas secara sistematis hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan. (3) Penyajian data dari hasil penelitian. (4) Kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kreatif yang digunakan program acara talk show Empat Mata antara lain format program acara, keragaman humor, penonton, penampilan pendukung acara, tata panggung, kejutan-kejutan baru, dan mengukur share dan rating. Hal ini ditujukan agar pemirsa tidak merasa jenuh dan selalu loyal kepada tayangan Empat Mata. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta