Abstract :
Studi ini berusaha menjelaskan mengenai bagaimana intensitas menonton iklan dapat mempengaruhi minat beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara intensitas menonton iklan surf putih cemerlang versi lomba masak di televisi dengan minat beli mahasiswa Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhammadiyah Klaten Angkatan 2005-2007. Populasi yang diambil dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Ilmu Keperawatan STIKES Muhammadiyah Klaten Angkatan 2005-2007. Penelitian ini adalah penelitian korelasional yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih dengan cara menguji antara variabel yang dihipotesiskan. Metode penelitian ini adalah penelitian survai yaitu mengambil data dari sebagian populasi untuk mewakili seluruh populasi, dan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data pokok. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kuantitatif, yaitu teknis analisis data yang menggunakan pengukuran dan pembuktianpembuktian khususnya pengujian hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya dengan menggunakan metode statistik. Dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan metode simple random sampling (sampel acak sederhana) yaitu, sebuah sampel yang diambil sedemikian rupa sehingga tiap unit penelitian atau satuan elementer-elementer dari populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 37 responden atau 10% dari total populasi yaitu 367 orang. Pada nilai t-hitung didapat nilai sebesar 60,221, karena nilai t-tabel =2,021< dari t-hitung maka H0 ditolak dan Ha diterima. Korelasi (rs) sebesar 0,955 juga dapat dikatakan bahwa hubungan kedua variabel adalah sangat kuat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang kuat dan signifikan antara intensitas menonton iklan surf putih cemerlang versi lomba masak di televisi t