DETAIL DOCUMENT
STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT BLUE BIRD GROUP DALAM MENGHADAPI CAMUFLAGE MARKETING
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Author
RATIH DWI SOENANTI
Subject
 
Datestamp
2022-07-01 06:50:19 
Abstract :
Perkembangan di dalam dunia pemasaran saat ini menyebabkan tingginya tingkat persaingan para pemasar. Banyaknya follower yang berlomba-lomba melakukan strategi pemasaran jitu sehingga dapat berkompetisi dengan market leader. Salah satu strategi yang digunakan oleh para follower adalah camouflage rnarketing. Camouflage marketing adalah strategi menyamarkan diri dengan lingkungan sekitarnya, sehingga tidak akan terlihat oleh lawannya. Seperti halnya dunia pernasaran yang selalu dikaitkan dengan perang, eamouflage marketing juga mengambil filosofi dari strategi berperang. Strategi tersebut merupakan bagian dari strategi im itasi yang dijalankan olehfollower. Strategi imitasi bukan sekedar membuat produk baru yang sama, tetapi seringkali juga menjalankan strategi distribusi dan promosi yang sama, bahkan kemasan pun dibuat serupa. Banyaknya pengaduan penipuan yang terjadi oleh penumpangnya yang memang bukan dilakukan oleh Blue Bird atau supir taksi kelompok tersebut, melainkan oleh kemasan warna dan logo taksi yang hampir menyerupai taksi Blue Bird (Majalah MARKETING edisi November, 2004). 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta