Abstract :
Latar Belakang: Case Based Learning merupakan metode pembelajaran yang menggunakan skenario tersruktur sehingga mengetahui informasi untuk menemukan solusi permasalahan yang berada dibawah arahan tutor. Keberhasilan suatu metode pembelajaran berperan penting bagi kepuasan mahasiswa dalam pembelajarannya. Kepuasan mahasiswa salah satu komponen penting karena dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilann serta memiliki hubungan terhadap motivasi mahasiswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar yang baik. Tujuan: untuk mengetahui gambaran faktor kepuasan mahasiswa terhadap CBL dalam Small Group Discussion di PSKG FKIK UMY. Metode: jenis penelitian ini adalah deskriptif yang dilakukan pada mahasiswa PSKG FKIK UMY angkatan 2017, 2018, 2019 sebanyak 261 responden yang sudah memenuhi syarat kriteria eksklusi dan inklusi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa kuisioner dalam bentuk google form terdiri dari 20 item soal. Hasil: analisis kuesioner ini menjabarkan bahwa rata-rata reponden menjawab puas terhadap metode CBL yang di terapkan di PSKG FKIK UMY