DETAIL DOCUMENT
Model internalisasi karakter Religius siswa di Madrasah: Studi Multi Situs di MAN 1 Malang dan MA Bilingual Batu
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Tohari, Hamim
Subject
 
Datestamp
2018-02-22 08:20:40 
Abstract :
ABSTRAK Pendidikan di Indonesia selama ini masih mengedepankan aspek kognitif atau akademis, sedangkan aspek soft skills atau non akademis yang mendukung pendidikan karakter belum banyak mendapat perhatian. Akibat dari yang demikian, banyak sekali para pelajar yang terlibat dalam tawuran, tindakan kriminal, pencurian, penyalahgunaan obat-obat terlarang, pemerkosaan dan melakukan tindakan asusila lainnya. Sebagai salah satu solusinya, pemerintah dalam hal ini menteri pendidikan dan kebudayaan mencetuskan adanya pendidikan karakter untuk diimplementasikan di madrasah., dan salah satu karakter yang dimunculkan yaitu karakter religius. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model internalisasi karakter religius bagi siswa di MAN 1 Malang dan MA Bilingual Batu, meliputi nilai-nilai religius yang dikembangkan, strategi yang digunakan dalam internalisasi karkater religius bagi siswa, dan proses internalisasi karakter religius tersebut kedalam sebuah model yang sudah dimunculkan oleh para pakar pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan model analisis interaktif Milles dan Hubberman yang mencakup empat komponen yang saling berkaitan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi data yang mencakup triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Temuan penelitian di MAN 1 Malang adalah: Pertama, Terdapat sembilan nilai-nilai religius yang dikembangkan di MAN 1 Malang, yang bersumber dari nilai-nilai Islam serta nilai karakter dari kementrian pendidikan dan kebudayaan, yaitu; takwa, disiplin, tanggung jawab, ikhlas, jujur, rasa hormat (sopan santun), tolong menolong, kebersihan dan istiqomah. Kedua, proses internalisasi karakter religius di MAN 1 Malang yaitu; pemahaman religius secara teoritis, mengadakan kegiatan keagamaan, menciptakan suasana religius, integrasi dengan bidang ilmu lain, pengawasan secara terus menerus. Kemudian dalam proses menginternalisasikan karakter religius di MAN 1 Malang yaitu dengan menggunakan model organik-integratif. Temuan penelitian di MA Bilingual Batu adalah. Pertama, terdapat delapan nilai-nilai religius yang dikembangkan di MA Bilingual Batu, yang bersumber dari nilai-nilai Islam serta nilai karakter dari kementrian pendidikan dan kebudayaan, yaitu; imtaq, sopan santun, kejujuran, keikhlasan, empati, disiplin, tolong menolong, kebersihan. Kedua, strategi internalisasi karakter religius di MA Bilingual Batu yaitu; pemahaman religius secara teoritis, mengadakan kegiatan keagamaan, menciptakan suasana religius, integrasi dengan bidang ilmu lain, pengawasan secara terus menerus. Kemudian dalam proses menginternalisasikan karakter religius di MA Bilingual Batu yaitu dengan menggunakan model organik-integratif. ABSTRACT The present education in Indonesia still emphasizes the cognitive or academic aspects, while soft skills or non-academic aspects have not received more attention. As a result, many students are involved in the brawl, criminal acts, theft, drug abuse, rape and do other immoral acts. To resolve this problem, the government in this case the Minister of Education and Culture sparked the character education to be implemented in the islamic school and one of the characters that appear is a religious character. This study aimed to describe the internalization model of religious character for students at MAN 1 Malang and MA Bilingual Batu, including the religious values, the strategy that used and the process of internalization of religious character into a model that has been deveveloped by the experts in the character education. The study used qualitative approach. The data collected by observation, interview and documentation. The data analyzed using analysis model of Milles and Hubberman that includes four interrelated components; data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. To checking the validity of the data, triangulation of data was used, including triangulation of the data source and triangulation of the method. The result showed that there are nine religious values has been developed at MAN 1 Malang. The religious values were derived from islamic values and character values from Ministry of Education and Culture; piety, discipline, responsibility, sincerity, honesty, respect (courtesy), mutual help, cleanliness and focused. The strategy of internalization including religious understanding theoretically, making religious activity, creating an islamic environment, integrating to other disciplines and controlling continously. While at MA bilingual Batu, there are eight religious values derived from islamic values and Ministry of Education and Culture; courtesy, honesty, sincerity, empathy, discipline, mutual help, cleanliness. The strategy of internalization including; religious u 

File :
14770028.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang