DETAIL DOCUMENT
Pengembangan bahan ajar ips berbasis kearifan lokal (aiq nyereng tunjung tilah empak bau) pada tema mengenal lingkungan alam sekitar di kelas III MI Mambaul Khair Nahdatul Wathan Kota Mataram
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Suherman, Suherman
Subject
 
Datestamp
2018-02-23 09:12:43 
Abstract :
ABSTRAK Keberadaan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada jenjang pendidikan dasar yang hanya memfokuskan kajiannya pada hubungan antar manusia dan proses yang dijalani terkait interaksi sosial seringkali memunculkan permasalahan didalamnya. Konsep Aiq Nyereng, Tunjung Tilah, Empak Bauadalah suatu contoh kearifan lokal yang merupakan konsep kearifan lokal asli suku sasak yang ada di pulau Lombok Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini bertujuan yang untuk; 1) Untuk menjelaskan spesifikasi produk bahan ajar berbasis kearifan lokalAiq Nyereng, Tunjung Tilah, Empak Bau. 2) Untuk mengetahui efektfitas dan kemenarikan bahan ajar berbasiskearifan lokalAiq Nyereng Tunjung Tilah Empak Bau, 3) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III materi mengenal lingkungan alam sekitar di MI Mambaul Khair Nahdatul Wathan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang digunakan untuk menghasilkan produk dan menguji keefektifan produk tersebut. Desain yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar ini adalah model desain Dick and Carey dengan penyesuaian di beberapa tahapan. Hasil validasi bahan ajar ini menunjukkan kevalidan yang terbukti dengan presentase rata-rata dari validasi ahli isi (materi) > 4,1 dengan kategori baik, hasil validasi ahli desain 3.75 dengan kategori hasil validasi ahli mata pelajaran (guru) >4,2 dengan kategori sangat baik dan valid.Hasil presentase tingkat kevalidan pada uji coba kelas III MI Mambaul Khair menunjukkan kategori sangat baik. Dari hasil analisis data melalui rumus uji ttest berpasangan menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis kearifan lokal Aiq Nyereng Tunjung Tilah Empak Bau pada tema mengenal lingkungan alam sekitar ini lebih efektif dan mempunyai kemenarikan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari pada tanpa penggunaan bahan ajar yang telah dikembangkan, terbukti singnifikan 0,05. Hal ini diperkuat dari hasil thitung = 10,89 sedangkan ttabel = 1,69. Karena thitung>ttabel maka Ho diterima. Sehingga bahan ajar berbasis kearifan lokal Aiq Nyereng Tunjung Tilah Empak Bau dapat digunakan dalam pembelajaran ABSTRACT The teaching material for the Social Science (IPS) on the elementary level which only focuses on the discussion of the interaction among human and the process of social interaction which mostly causes the problem in it. The concept of Aiq Nyereng, Tunjung Tilah, Empak Bauis an example of the original local wisdom of Sasak ethnic group in the Lombok Island, West Nusa Tenggara. This Study?s objectives are: 1) To explain the specification of Aiq Nyereng Tunjung Tilah Empak Bau local wisdom-based teaching material. 2) To know the effectiveness and the attractiveness of Aiq Nyereng, Tunjung Tilah, Empak Baulocal wisdom-based teaching Material. 3) To increase the students? achievement of third graders in theme of ?Recognizing surrounding Nature? in Islamic Elementary School Mambaul Khair Nahdatul Wathan, Mataram City. The method applied in this study is Research and Development in order to produce the product and its test effectiveness. The design used is Dick and Lou Carey design with some adjustments in some stages. The validation result of teaching material implied the validation evident with the average percentage from an expert validation of content material > 4.1 means valid, the expert of learning media design is 3.75 means valid enough, and the expert of subject validation (teacher) > 4.2 means valid. In addition, the percentage result of validity level in try out at third graders of Islamic Elementary School Mambaul Khair shows valid category. The data analysis result of paired t-test implies that the use of Aiq Nyereng, Tunjung Tilah, Empak Bau local wisdom-based teaching Material on the theme of ?Recognizing the Surrounding Nature? is more effective and attractive to increase the students achievement compare to those who are not taught using it, proved significance of 0.05. It is supported by tmeasure = 10.89 meanwhile, the ttable = 1.96 because tmeasure > ttable, so that the H0 is accepted. Therefore, Aiq Nyereng, Tunjung Tilah, Empak Bau local wisdom-based teaching Material can be applied in learning study activities 

File :
14760010.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang