DETAIL DOCUMENT
Internalisasi nilai-nilai cinta Qur’an dalam pembentukan akhlak siswa-siswi di MTsN 2 Kota Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Sura, Ainoer Awalien Khurumma
Subject
 
Datestamp
2018-04-18 07:36:11 
Abstract :
INDONESIA: Dalam suatu lembaga pendidikan,guru mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas peserta didik terutama dalam baca al-Qur?an.Karena membaca al-Qur?an merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan dan dipelajari oleh setiap umat Islam untuk menjadikannya sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi seluruh umat manusia. Berhubungan dengan itu, maka penelitian ini penting dilakukan dalam kegiatan ini . Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui bentuk dari internalisasi cinta al-Qur?an dalam pembentukan akhlak siswa- siswi di MTsN 2 Kota Malang (2) Untuk mengetahui strategi internalisasi cinta Al-Qur?an di MTsN 2 Kota Malang (3) Untuk mengetahui siapa saja yang berperan dalam pelaksanaan internalisasi nilai-nilai cinta al-Qur?an dalam pembentukan akhlak siswa-siswi di MTsN 2 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Bentuk internalisasi nilai-nilai cinta Qur?an dalam akhlak di MTsN 2 Kota Malang terwuujud melalui: a) kegiatan bersalam-salaman,b) sholat dhuha berjama?ahc) membaca al-qur?an d) membaca do?a sebelum dan sesudah kegiatan belajar, e) sholat dhuhur berjama?ah, f) membaca surah yasin dan istighosahg) da?i atau da?iah. (2) Adapun strategi yang digunakan untuk melancarkan semua program yang telah berjalan di MTsN 2 Kota Malang diantaranya dimulai dengan pembuat jadwal dan peraturan bagi guru yang bertugas untuk kegiatan bersalam-salaman, mewajibkan siswa-siswi melaksanakan sholat dhuha dan duhur secara berjama?ah di masjid sekolah yang di monitoring oleh Sie Keagamaan OSIS MTsN 2 Kota Malang. 3) Beberapa orang berperan dalam terwujudnya program yang sudah terlaksana di MTsN 2 Kota Malang seperti guru, staff, wali murid dan siswa-siswi, mereka memiliki tugas yang berbeda agar kegiatan internalisasi tersebut bisa terlaksana dengan baik, terutama guru mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 2 Kota Malang 

File :
13110054.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang