DETAIL DOCUMENT
Gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru: Studi multisitus di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Tulungagung
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Shulhan, Muwahid
Subject
 
Datestamp
2023-07-11 03:53:16 
Abstract :
ABSTRAK Kepala madrasah mempunyai peran besar bagi pembentukan guru yang berkwalitas, dengan memberi dorongan, pengarahan, motivasi kerja, pembinaan dan pengawasan yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja mereka. Produktifitas sekolah bukan semata-mata untuk mendapatkan hasil kerja yang sebanyak-banyaknya, melainkan kwalitas unjuk kerja amat penting diperhatikan. Kepala sekolah selaku manager dituntut untuk memberikan motivasi terhadap kinerja bawahannya dalam hal ini para guru sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan dan pengajaran. Dalam upaya meningkatkan kinerja guru kepala madrasah disamping menjadi teladan yang baik, juga harus mampu meberdayakan tenaga pendidik yang ada dalam madrsah yang dia pimpin.. Hal i n i juga menjadi perhatian bagi tiga kepala madrasah dijadikan latar penelitian. yaitu MAN 1 Tulungagung, MAN 2 Tulungagung , dan MAN Rejotangan Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. Ada empat fokus yang dideskripsikan dalam penelitian ini . yaitu (1) gaya kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Negeri se kabupaten Tulungagung dalam memotivasi para guru untuk meningkatkan kinerjanya. (2) gaya kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Tulungagung dalam menggerakkan para guru untuk meningkatkan kinerjanya,(3) gaya kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Tulungagung dalam mengarahkan para guru untuk meningkatkan kinerjanya dan (4) gaya kemampuan kepala Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Tulungagung dalam mengevaluasi para guru untuk meningkatkan kinerjanya. Berdasarkan karakteristik subyek dan fokus penelitian tersebut. penelitian i n i dirancang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain studi multi situs. Kehadiran dan keterlibatan peneliti dalam berperan sebagai pengamat nonpartisipasi dan pengamat partisipasi pasif. Penentuan subyek dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan prinsip funnel design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam. observasi. dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kasus individu dan analisis data lintas kasus. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan melalui kredibilitas data. dependabilitas. dan konfirmabilitas data. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan sebagai berikut. Pertama. gaya kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Negeri se kabupaten Tulungagung dalam memotivasi para guru untuk meningkatkan kinerjanya . Kepala madrasah memotivasi kepada guru dalam menciptakan kepuasan kerja tim, dengan komunikasi yang intensif, memberi insentif, pengelolaan administrasi yang trnasfaran, dan memberikan kemudahan kepada para guru untuk kuliah lagi. sangat menunjang guru dalam memotivasi aktivitas pembelajaran di madrasah.dan memberikan kesempatan kepada guru menyampaikan saran dan kritikan Kedua, gaya kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Negeri se kabupaten Tulungagung dalam menggerakkan para guru untuk meningkatkan kinerjanya, Untuk menggerakkan guru dengan memberikan kemudahan kepada para guru untuk melanjutkan kuliah lagi. Pengadaan workshop menunjang sekali dalam peningkatan kompetensi guru. Penyediaan fasilitas internet bagi guru, kegiatan MGMP berperan sekali bagi para guru sehingga mereka lebih berkompeten di bidangnya. Pemberian hadiah adalah gerakan yang mendorong guru lebih berprestasi, kerjasama dengan universitas atau orgnisasi internasional peduli pendidikan dapat memacu peningkatan kualitas para guru.. Ketiga. gaya kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Negeri se kabupaten Tulungagung dalam mengarahkan para guru untuk meningkatkan kinerjanya, Peningkatan prestasi akademik dite ntukan adanya kualitas pembelajarannya guru yang baik, kepala madrasah memberikan tambahan jam, pemberian beasiswa prestasi, dan adanya pengarahan kepala madrasah dapat membangkikan semangat para guru, kerjasama dengan instansi lain menumbuhkan semangat tersendiri. Keempat, gaya kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Negeri se kabupaten Tulungagung dalam mengevaluasi para guru untuk meningkatkan kinerjanya, Evaluasi dilakukan mengadakan kunjungan kelas, mengadakan pertemuan pribadi kesepakatan kepala madrasah dan guru, memberikan penekanan pada partisipasi yang tinggi, selaly berkomunikasi dengan komite madrasah, adanya kerjasama dengan universitas dalam dan luarnegeri untuk memberikan wawasan kepada guru peningkatan profesionalisme guru dilakukan melalui pengembangan kompetensi guru, memberikan fasilitas guru melakukan penelitian untuk memperbaiki pembelajaran Berdasarkan hasil penelitian. maka disarankan kepada: (1) MAN 1 Tulungagung, MAN 2 Tulungagung dan MAN Rejotangan kepala yang menjadi subyek penelitian agar mempertahankan meningkatkan  

File :
07730014.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang