DETAIL DOCUMENT
Strategi internalisasi nilai-nilai pai dalam mengembangkan karakter siswa di Sekolah: Studi Multikasus di SMA Negeri 5 Madiun dan SMK Negeri 3 Madiun
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Nurhayati, Nanik
Subject
 
Datestamp
2018-02-26 08:25:36 
Abstract :
ABSTRAK Pengembangan pendidikan karakter merupakan grand desain pendidikan nasional dan menjadikan karakter bangsa yang berperadaban unggul. Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi salah satu mata pelajaran wajib untuk membentuk karakter peserta didik melalui pengembangan nilai ilahiyah dan nilai insaniyah. Untuk mewujudkan nilai karakter tersebut diperlukan strategi internalisasi nilai- nilai PAI yang terdapat dalam pendidikan karakter di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan (1) Konsep nilai-nilai PAI yang dikembangkan, (2) Desain Internalisasi nilai-nilai PAI dalam mengembangkan karakter siswa, (3) langkah-langkah internalisasi nilai-nilai PAI dalam mengembangkan karakter siswa (4) Dampak internalisasi nilai-nilai PAI dalam mengembangkan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus, dengan rancangan multikasus. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kredibilitas data di cek melalui triangulasi, sumber, data, teori, metode, dan diskusi teman sejawat serta ketekunan pengamatan. Adapun hasil penelitian ini menemukan (1) konsep pendidikan karakter beragama membangun kesadaran nilai-nilai keagamaan melalui pembiasaan pengalaman prilaku beragama dalam kehidupan di sekolah. Nilai kegiatan yang ditanamkan meliputi: nilai-nilai ilahiyah yang menekankan pembentukan sikap spiritual, nilai insaniyah yang menekankan pembentukan sikap sosial melalui pengetahuan, ketrampilan/kecakapan hidup (life skils) dengan menggunakan pendekatan kepemimpinan power strategi dengan pembiasaan dan keteladanan, (2), Desain pengembangan makro dengan whole school development (WSD) melalui internalisasi dan habituasi religius culture. dan mikro melalui proses pembelajaran, kegiatan keagamaan dan ekstrakurikuler. (3) langkah internalisasi nilai-nilai PAI dalam mengembangkan karakter siswa melalui tahap Transformasi nilai, Transaksi nilai, Transinternalisasi nilai dan transendenalisasi nilai. dengan proses moral knowing (pengetahuan tentang moral), moral feeling (perasaan tentang moral) dan moral action (perbuatan bermoral).(4) dampak internalisasi nilai melahirkan kebijakan-kebijakan kepala sekolah tentang karakter religius, perubahan sikap peserta didik menjadi berakhlakul karimah, prestasi akademik maupun non akademik semakin meningkat, dan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga semakin tinggi. Temuan penelitian ini adalah ?Strategi internalisasi pendidikan karakter islami dengan model ?whole school religius caracter berbasis transendenalisasi value islami ABSTRACT Character education building is a national education grand design that leads a nation?s character highly civilized. Islamic education is one of the compulsory subjects which is crucial to build students? characters through ilahiyahand insaniyah values development.Those character values can be implemented through Islamic education values internalization strategy in school. This study aims to analyze and discover (1) the concept of Islamic education values that is being built, (2) Islamic education values internalization design in building students? character, (3) the steps of internalizing Islamic education values in building students? characters, (4) the impact of Islamic education values internalization in building students? character. This study employs qualitative approach and the type of study is a case study with multiple case design. The data collection techniques are in-depth interview, participant observation, and document study. The collected data are analyzed through data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Triangulation, source, data, theory, method, peer discussion, and persistent observation are used to check the data credibility. The result of this study point out that (1) the character education concept in religion creates religious valuesawareness through religious behavior habituation in school. The values implemented in school activities are ilahiyahvalue emphasizing on spiritual behavior construction andinsaniyahvalue emphasizing on social behavior construction. This value is realized through knowledge and life skill using leadership approach of power strategy with habituation and exemplary, (2) the design of macro development with whole school development (WSD) through internalization and religious culture habituation. Also, micro development through learning process, religious activity, and extracurricular activity, (3) the steps of Islamic education values internalization in building students? character by implementing transformation, transaction, trans-internalization, and transcendental values through moral knowing, moral feeling, and moral action process. (4) the impact of internalization values leads  

File :
10730013.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang