DETAIL DOCUMENT
Manajemen pendidikan berbasis Ulū Al-Albāb dalam konteks pengembangan integrasi ilmu: Studi Kasus di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Tharaba, M. Fahim
Subject
 
Datestamp
2018-03-01 08:46:22 
Abstract :
ABSTRAK Model manajemen pendidikan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang bertujuan melahirkan generasi ul? al-alb?b yang integratif. Dalam rangka merealisasikannya, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang memiliki keunikan, yaitu: (1) Kampus ul? al-alb?b, (2) Satu-satunya kampus yang bisa melakukan lompatan dengan konversi dari STAIN ke UIN, (3) Kampus integrasi yang menghilangkan dikotomi keilmuan dengan paradigma metafora pohon ilmu, dan (4) Integrasi keilmuan menjadi salah satu gand design dari 9 GBHU Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Untuk itu, tujuan penelitian ini, (1) Menemukan model manajemen pendidikan berbasis ul? al-alb?b dalam konteks pengembangan integrasi ilmu, dan (2) Menemukan model strategi pengembangan integrasi ilmu di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis case study. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipant, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini, meliputi tahapan pengolahan data, yaitu (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, dan (3) Verifikasi/Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) Model manajemen pendidikan ul? al- alb?b menggambarkan (a) Orientasi kelembagaan yang mengintegrasikan unsur supra rasional, rasional, dan situasional, (b) Formula kelembagaannya tersusun atas lima unsurnya, yaitu: (i) Konsep manajemen berbasis spiritual vision, (ii) Prinsip valuenya, adalah dzikir, fikir, amal sholeh dan al-akhl?q al-kar?mah, (iii) Ada 8 karakteristik kepemimpinan ul? al-alb?b, (iv) Mengintegrasikan 9 komponen arkan al-jamiah, dan (v) Memiliki 12 langkah strategi implementasinya. (2) Strategi pengembangan integrasi ilmu di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang melalui (a) Mengembangkan paradigma metafora pohon ilmu, (b) Mengelaborasi dalam bangunan struktur kurikulum dari disiplin keilmuannya dengan model metafora sebuah pohon yang kukuh dan rindang sebagai metafora bangunan ilmu bersifat integratif, yang berbuah pada ilmu, iman, amal shaleh, dan al-akhl?q al-kar?mah, yang berwujud ulama yang intelek profesional dan/atau intelek profesional yang ulama, (c) Sintesa antara perguruan tinggi dan pesantren, dan (d) Pndalaman spiritualitas, pengokohan/pemantapan moralitas, perluasan/penguasaan intelektualitas, dan pematangan profesionalitas. Temuan formal penelitian dalam disertasi ini menunjukkan bahwa manajemen pendidikan yang dikembangkan di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang adalah model manajemen pendidikan ul? al-alb?b dengan metafora pohon ilmu. ABSTRACT Education Management model in State of Islamic Universit y (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang has purpose to think out integrative ul? al-alb?b generation. In realization, State of Islamic Universit y (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang has unique, as follows: (1) Ul? al-alb?b campus, (2) The one campus which is doing conversion jump from STAIN to UIN, (3) Integration campus which is disappearing dichotomy of sciences with science tree metaphor paradigm, and (4) Integrating sciences become one of grand design from 9 GBHU State of Islamic Universit y (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Therefore, the purpose of this research, (1) Finding education management model based ul? alalb?b in science integration developing context, and (2) Finding science integrat ion developing strategic model in State of Islamic University (UIN)Maulana Malik Ibrahim Malang. This research, used qualitative approach with case study. The data collection technique by dept interview including data process steps as follows (1) data reduction, (2) data presentation, and (3) verification/making conclusion. The result of research showed that: (1) Education management model based ul? al-alb?b describing (a) The orientation of institution which is integrating unsure supra-rational, rational, and situational, (b) 5 unsure of Institution formula as follows, (i) Management concept based spiritual vision, (ii) Value principle is dzikir, fikir, amal soleh and al-akhlaq al-karimah, (iii) There are 8 characteristics of ul? al-alb?b leadership, (iv) Integrating 9 components of arkan al-jamiah, and 12 steps of implementation strategic. (2) Science integration developing strategy in State of Islamic Universit y (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang through (a)Developing science trees metaphor paradigm, (b) Elaborating in curriculum structure building from science discipline in integrative sciences with a tree metaphor model, that producing sciences, faith, good deeds, and al-akhlaq alkarimah, to be professional whose intellect ulama/or ulama whose intellect professional, (c) synthesis between universit y and pesantren form (d) spiritualit y depth, moral 

File :
11730015.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang