DETAIL DOCUMENT
Kepemimpinan Visioner: Studi Multi Kasus di SD Unggulan Al-Ya’lu Malang dan SDI Alam Bilingual Surya Buana Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Hambali, Muh.
Subject
 
Datestamp
2023-05-17 05:01:03 
Abstract :
ABSTRAK Kepemimpinan merupakan salah satu fungsi manajemen dalam mengorganisasi sekolah agar relevan dengan visi yang dikembangkan. Kepemimpinan sekolah yang memiliki visi adalah mencerminkan organisasi sekolah yang dapat meletakkan kelemahan sekolah menjadi kekuatan dan mengorganisasi tantangan sekolah menjadi peluang untuk mencapai visi bersama. Kepemimpinan sekolah di SD Unggulan Al-Ya?lu Malang dan SDI Alam Bilingual Surya Buana Malang mengelola organisasi sekolah berdasarkan visi bersama yang telah dibangun untuk mencapai keunggulan-keunggulan sekolah. Keunggulan sekolah dapat dicapai jika pemimpin sekolah memfokuskan pada visi sekolah. Kepemimpinan sekolah yang bervisi adalah mengorganisasi program berbasis prioritas dan fokus dalam mengerganisasi perencanaan lembaga, pelaksanaan, dan tantangan sekolah menuju visi sekolah. Kepemimpinan visioner adalah merumuskan, mentransformasikan, melaksanakan, dan menggerakkan pemikiran-pemikiran ideal yang berasal dari dirinya atau sebagai hasil interaksi sosial di antara warga sekolah dan stakeholder yang diyakini sebagai cita-cita organisasi di masa depan yang harus diwujudkan organisasi sekolah bersinergi dengan pemimpin sekolah. Penelitian di SD Unggulan Al-Ya?lu Malang dan SDI Alam Bilingual Surya Buana Malang memfokuskan untuk mengkaji karakteristik kepemimpinan visioner dan strategi kepemimpinan visioner membangun jiwa visioner pada guru dan pegawai sekolah. Sedangkan tujuan penelitian untuk mendeskripsikan karakteristik kepemimpinan visioner di SD Unggulan Al-Ya?lu Malang dan SDI Alam Bilingual Surya Buana Malang dan untuk mendeskripsikan kepemimpinan visioner membangun jiwa visioner pada guru dan pegawai di SD Unggulan Al- Ya?lu Malang dan SDI Alam Bilingual Surya Buana Malang. Penelitian ini bersifat multikasus karena mengkaji dua obyek yang memiliki latar belakang berbeda. Penelitian ini dimaksudkan untuk memahami perilaku manusia dari kerangka acuan si pelaku sendiri, yakni bagaimana si pelaku menafsirkan kegiatan dari segi pendiriannya yang biasa disebut persepsi emic. Dalam hal ini peneliti berusaha mengungkap perasaan-perasaan, motif-motif, dan pemikiran-pemikiran yang ada di balik tindakan orang lain. Peneliti juga mengungkap gambaran apa yang dipahami oleh subjek penelitian. Untuk maksud tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dan paradigma naturalistik. Hasil penelitian menjelaskan bahwa karakteristik kepemimpinan visioner pada SD Unggulan Al-Ya?lu Malang dan pada SDI Alam Bilingual Surya Buana Malang mempunyai jiwa integritas, jiwa adaptasi dan penentu arah, berpikir positif, disiplin dan tradisi kompetisi. Model dua sekolah dasar tersebut membangun jiwa kepemimpinan berdasarkan pada personifikasi visi kepala sekolah, nilai dan keyakinan, penghargaan dan kematangan emosi guru, evaluasi diri, dan menyusun rencana pengembangan sumber daya manusia. Sedangkan, Kepemimpinan visioner mengorganisasi sekolah berdasar pada nilai-nilai unggul, keteladanan, profesional, keteguhan, amanah, wakaf diri, tradisi kompetisi dan kedisiplinan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti berharap kajian kepemimpinan visioner menjadi karakter untuk sekolah dasar yang sedang membangun keunggulan. Kepemimpinan visioner menekankan keunggulan yang berbeda satu dengan lembaga lainnya. Kepemimpinan adalah meneguhkan jiwa dan nilai-nilai yang dapat membangun tradisi unggulan pada warga sekolah. Sejarah membuktikan sekolah yang runtuh karena memudarnya kepemimpinan yang tidak meneguhkan visi yang menjadi inti untuk menggerakkan warga sekolah. Hendaknya, sekolah terus mempertahankan nilai-nilai yang unggul di sekolah sebagai dasar mengelola visi sekolah, dan budaya organisasi sekolah yang mempresentasikan keunggulan, perubahan nilai menyebabkan perubahan budaya, dan berakibat terwujudnya visi keunggulan di sekolah ABSTRACT Leadership is one of the functions of management in organizing the vision for the school. School leadership that has vision reflects the Organization of the school which can be put into school flaws the strengths and challenges of organizing the school into an opportunity to achieve a shared vision. School of excellence can be achieved if school leaders to focus on the vision of the school. Leadership envisioned a means of formulating, transforming, executing and moving the ideal thoughts that come from him or as a result of social interaction among citizens and stakeholders the schools believed to be the Organization's ideals in the future to be realized the Organization of the school. This research in the SD Unggulan Al-Ya?lu Malang and SDI Alam Bilingual Surya Buana Malang focus to examine the characteristics of a visionary leadership, visionary leadership strategies to build a visionary soul on teachers and school employees and comparison of these two institu 

File :
07730010.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang