DETAIL DOCUMENT
Pengaruh struktur modal dan Profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel moderating: Studi pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar dalam Index Saham Syariah Indonesia
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Sari, Citra Mulya
Subject
 
Datestamp
2023-03-21 07:23:23 
Abstract :
ABSTRAK Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham. Faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan diantaranya struktur modal dan profitabilitas, keduanya memiliki hubungan dan pengaruh terhadap nilai perusahaan yang tidak konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai Variabel Moderating. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan property dan real estate yang terdaftar dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode tahun 2013-2015 yang berjumlah 48 perusahaan. Metode penentuan sampel dengan purposive sampling, sampel 15 perusahaan (45 pengamatan). Data penelitian merupakan data sekunder berupa laporan debt to equity ratio (DER), return on equity (ROE), price book value (PBV), dan pengungkapan CSRI yang bersumber dari laporan keuangan perusahaan. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi parsial (Partial Least Square/ PLS), dengan alat bantu aplikasi software SmartPLS 2.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Struktur Modal berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas, (2) Struktur Modal berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (3) Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (4) Profitabilitas berfungsi sebagai parsial mediasi sehingga kurang mampu meningkatkan nilai perusahaannya (5) Pengungkapan CSR mempunyai pengaruh negatif signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (6) Pengungkapan CSR tidak mampu memoderasi struktur modal dengan nilai perusahaan, jadi dalam penelitian ini Pengungkapan CSR memperlemah pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. ABSTRACT Corporate value is an investor perception on its achievement level which is often related with its stock price. Some factors influencing the value are capital structure and profitability. They influence and relate to the inconsistent corporate value. The study aims to find out the influence of capital structure and profitability on corporate value by using Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure as a Moderating Variable. The population of the study consists of 48 property companies and real estates registered in Indonesia Sharia Stock Index (ISSI) in 2013-2015. The study employs purposive sampling method and take 15 companies as the samples (45 observation). The study uses a secondary data such as report of debt to equity ratio (DER), return on equity (ROE), price book value (PBV), and CSRI disclosure from company financial statement. The hypothesis is tested using partial regression analysis (Partial Least Square/ PLS), and SmartPLS 2.0 software. The result of the study shows that: (1) Capital structure has a significant influence on profitability, (2) Capital structure has a significant influence on Corporate value, (3) Profitability has a significant influence on Corporate value, (4) Profitability acts as a partial mediator and it is not able to increase the corporate value (5) CSR Disclosure has a negative influence on corporate value, (6) CSR disclosure fails to moderate capital structure with corporate value. In conclusion, CSR disclosure decreases the influence of capital structure on corporate value 

File :
15800015.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang