DETAIL DOCUMENT
Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam meningkatkan Profesionalisme Guru: Studi Multikasus di MAN Sampang dan SMA Negeri 1 Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Mudaki, Mudaki
Subject
 
Datestamp
2018-03-08 08:53:07 
Abstract :
ABSTRAK Keberadaan kepala madrasah/Sekolah di lembaga pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam mengembangkan dan memimpin lembaga pendidikan, karena kepala madrasah/sekolah merupakan salah satu kunci keberhasilan lembaga pendidikan yang berkualitas baik dalam proses maupun out put, maka dari itu mepala madrasah/sekolah sebagai supervisor diharapkan dapat memberikan nilai yang positif (memotivasi, membina, dan mengembangkan kompetensi guru) terhadap peningkatan profesionalismenya. Penelitian ini mengungkapkan pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan profesionalismenya guru di MAN dan SMAN 1 Sampang, dengan sub fokus yang mencakup 1) perencanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala MAN dan SMAN 1 Samapang 2) implemntasi supervisi akademik oleh kepala MAN dan SMAN 1 Sampang 3) evaluasi supervisi akademik oleh kepla MAN dan SMAN 1 Samapang 4) dampak implementasi supervisi akademik oleh kepala madrasah/Sekolah terhadap peningkatan guru di MAN dan SMAN1 Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi multi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti meliputi; 1) observasi partisipatif 2) wawancara mendalam, dan 3) dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga metode pengumpulan data tersebut dianalisis untuk untuk mendapatkan temuan penelitian, hal ini dapat dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti. Teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber dan teori, serta ketekunan pengamatan. Sedangkan kebergantungan (dependability) dan kepastian (komfirmability) dilakukan oleh para pembimbing sebagai dependent auditor. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan program supervisi akademik kepala madrasah/sekolah disusun pada setiap awal tahun ajaran baru dengan melibatkan semua waka dan menyeluruh. 2) Implementasi supervisi akademik meliputi kunjungan kelas, observasi, kujungan antar kelas (teknik individu) ditindak lanjut dengan: rapat dengan guru, Study kelompok guru mata pelajaran sejenis (MGMP), workshop, penataran-penataran, demontrasi, pertemuan ilmiah, diskusi kelompok, seminar, dan pertemuan ilmiah (teknik kelompok). 3) proses penilaia oleh kepala madrasah/sekolah pada guru diimplementasikan dengan mengamati guru melaksanakan pembelajaran dikelas. 4) implementasi supervisi akademik memiliki dampak nyata pada peningkatan profesi guru di MAN dan SMAN 1 Sampang karena guru dapat mengetahui kekurangan pada dirinya saat mengajar, sehingga guru tahu hal-hal yang perlu perbaikan dan peningkatan mutu pembelajaran di kelas. ABSTRACT The existence of headmaster in league education having the important role to improve the skiil teach and for lead the education league, that is umportant thing of headmaster is onthe sky sussessful of leaning education eiter process of leaning or result base on leaning process (output) asidealism. So the headmaster as super can give the positive value (motivation, developing, and improving potential teachers) to expanding professional of teacher. The purpose of the research is giving expression to carrying out of academic supervision increase professional of teacher in MAN and SMAN 1 Sampang, the fucosing of research shows that 1) the planning of leaning supervision of academic by headmaster program who was done by headmaster 2) the implementation of supervision of academic proses who was done by headmaster 3) evaluation supervision academic by headmaster 4) implementation academic have realize to improving the profesinalism of teachers. This research is conducted by using qualitatif method in the form of uses case study at MAN and SMAN 1 Sampang. The collection data are selected by: 1) participation of observation 2) interview technique , and 3) documentation. The three technique data analysis to finding new researth and can analysis are covered data reduction, display data, and verifying data. The validity of verication discovery is conducted by the researcher partisipation in a long time. The trianggulation technique is uses some other source, theory, and also observation. The dependability and comfirmability it was done by the resarch?s guide as dependent auditor. The finding of the research so that 1) the palnning of supervision program who was done by headmaster is stacked socialize every new year of learning proces. 2) the implementation of academic supervition managed by headmaster are observation class, visiting class, indivisual meeting (individual tecniques supervision) the headmaster covered too with meeting for all teacher, group lerning, workshop, in service training, demontration, disscution group, seminar, meeting. 3) The processing of the headmaster value to the teacher was done classroom visited in the expression of the learning. 4) Implementation supervision akademic have realize to improving the profesionalism of teac 

File :
13710006.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang