DETAIL DOCUMENT
Kepemimpinan Kiai dalam mengembangkan budaya Pesantren: Studi Multi Situs di Pondok Pesantren Al-Is’af Kalabaan Sumenep dan Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Riyadi HS, Dedi Eko
Subject
 
Datestamp
2023-03-21 08:14:51 
Abstract :
ABSTRAK Keberadaan kiai sebagai pimpinan pesantren di lembaga pendidikan pesantren mempunyai peran sangat penting dalam mengembangkan budaya pesantren, sebab itu kiai sebagai pimpinan pesantren dituntut untuk berfikir jauh kedepan dan mempunyai ide inovatif dalam rangka mengembangkan budaya pesantren. Adapun tujuan penelitian ini adalah Pertama, menganalisis strategi kepemimpinan kiai dalam mengembangkan budaya pesantren di pondok Pesantren Al-Is?af Kalabaan Sumenep dan Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang. Kedua, menganalisis gaya kepemimpinan kiai dalam mengembangkan budaya pesantren di pondok Pesantren Al-Is?af Kalabaan Sumenep dan Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang. Ketiga, Mendiskripsikan realitas budaya pesantren di pondok Pesantren Al-Is?af Kalabaan Sumenep dan Pondok Pesantren Miftahul Huda Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan studi multi situs. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti meliputi; 1) observasi partisipatif 2) wawancara mendalam, dan 3) dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga metode pengumpulan data tersebut dapat dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian, hal ini dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti. Teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber dan teori, serta ketekunan pengamatan, hal ini ditempuh dengan cara membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan data yang sama dengan menggunakan sumber atau informasi yang berbeda dalam metode kualitatif. Dalam penelitian ini data yang dperoleh peneliti dari para informan dicek ulang dengan menanyakan kepada informan. Triangulasi metode digunakan dengan cara mengecek suatu informasi yang diperoleh dengan tekhnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi kepemimpinan kiai dalam mengembangkan budaya pesantren adalah melalui beberapa fase berikut: Pertama, fase persiapan yaitu merumuskan visi misi pesantren. Kedua, fase penerimaan yaitu tahap sosialisasi dan implementasi. Ketiga, fase evaluasi.2) gaya kepemimpinan yang digunakan adalah gaya kepemimpinan intruktif, partisipatif, konsultatif dan pengayoman serta kasih sayang. 3) Realitas budaya pesantren yang ditemukan adalah nilai-nilai kepemimpinan yang meliputi nilai rendah hati, nilai amanah, nilai kemandirian, nilai istiqamah, ikhlas dalam beramal, ibadah, waro? dan bijaksana, serta ramah dan lemah lembut. ABSTRACT The existence of kiai as a leader in educational of islamic boarding school hasa very important role in developing aculture of islamic boarding school, There fore kiai as leader of islamic boarding school are required to think far ahead and has innovative ideas in order to develop a culture of islamic boarding school. The purpose of this study are the first, describe and analyze the strategic leadership of Kiai in developing a culture of islamic boarding school in Al-Is'af Islamic boarding school Kalabaan Sumenep and Miftahul Huda Islamic boarding school in Malang. Second, describe and analyze the style of leadership Kiai in developing a culture of islamic boarding school in Al-Is'af Kalabaan Sumenep and Miftahul Huda Islamic boarding school in Malang. Third, describe the reality culture ofislamic boarding school in the Al-Is'af islamic boarding school Kalabaan Sumenep and Miftahul Huda Islamic boarding school in Malang. This study used a qualitative approach using multi-site study design. Data collection methods used by resear chers in clude; 1) participant observation 2) in-depth in terviews, and 3) documentation. Data were collected from the three methods of data collectioncan be analyzed to obtain research findings, it is analyzed by the reduction ofthe data, presenting data, and draw conclusions. Checking the validity of the findings Data is done by way of an extension of the participation of researchers. Triangulation techniques using a variety of sour ces and theory, perseverance observations. it is taken by comparing and checking the degree of confidence behind thesame data using a different source or information in qualitative methods. In this study, data that obtained by researc her from in formants rechecked by asking thein formant. Triangulation methods used by checking the information obtained by thet echnique of data collection by observation, interviews and documentation. Research findings indicate that: 1) the Strategy of leadership kiai in developing aculture ofislamic boarding schoolsis throughthe following phases: First, the preparation phaseis to formulate the vision and mission boarding schools. Second, acceptance phaseie the stage of dissemination and implementation. Third, the evaluation phase. 2) leadership styleis use dintruktif leadership style, participatory, consultative and shelter and affection. 3) The reality of culture islamic bo 

File :
13710008.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang