DETAIL DOCUMENT
Perilaku Berpindah (Switching Behaviour) Nasabah non Muslim di Bank Syariah: Studi Pada Bank Syariah Mandiri Kota Metro Lampung
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Santoso, Haris
Subject
 
Datestamp
2018-03-09 09:13:10 
Abstract :
ABSTRAK Perilaku berpindah merupakan bagian dari pada perilaku konsumen, sehingga memahami perilaku berpindah juga tidak kalah pentingnya dengan memahami perilaku konsumen. Perilaku berpindah yang dialami nasabah non muslim untuk menjadi nasabah di bank syariah sangat menarik untuk dipahami karena terdapat perbedaan perinsip keagamaan di dalamnya. Kota Metro merupakan kota yang memiliki penduduk non muslim mencapai 5,9% dan banyak tumbuh lembaga-lembaga keuangan syariah seperti Baitul Mal Watamwil (BMT) dan bank syariah. Bank Syariah Mandiri kota Metro merupakan salah satu bank yang memiliki jumlah nasabah non muslim yang cukup banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku nasabah non Muslim di kota Metro dalam memilih bank syariah dan mengungkap perilaku berpindah bank (switching behaviour) yang dilakukan nasabah non Muslim di kota Metro pada bank syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi lapangan. Tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh John W. Creswell yaitu mendeskripsikan pengalaman personal dengan fenomena, membuat daftar pernyataan penting, mendikripsikan ?apa? dan ?bagaimana? pengalaman itu terjadi, dan menulis deskripsi gambaran tentang fenomena tersebut. Sementara itu pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku nasabah non muslim secara umum tidak begitu paham tentang sistem yang ada di bank syariah, selain itu juga pertimbangan nasabah non muslim dalam memilih bank syariah bahwa sistem pelayanan yang ada pada bank syariah sudah tidak kalah dengan yang ada di bank konvensional, adanya kelompok acuan juga menjadi alasan nasabah non muslim dalam memilih bank syariah. Sedangkan perilaku berpindah yang dilakukan nasabah non muslim dikarenakan adanya produk bagi hasil pada bank syariah serta layanan, fasilitas dan reputasi bank syariah sudah kompetitif. Sedangkan motif dari nasabah non muslim berpindah ke bank syariah adalah murni motif ekonomi tanpa adanya niat untuk menjalankan ajaran agama yaitu menjauhi riba. ABSTRACT Switching behaviour is a part of consumer behaviour, understanding switching behaviour is no less important than understand consumer behaviour. Switching behaviour experienced by consumer is very interesting to understand because of the religion principles differences on it. Metro is a city that has 5.9% of non-Muslim population and has a lot of growing Islamic financial institutions such as Baitul Mal Watamwil (BMT) and Islamic Bank. Bank Syariah Mandiri Metro city is one of the banks that has many non-muslim consumer. This research aims to describes non-Muslim consumer behaviour in Metro city in choosing Islamic bank and reveals switching behaviour of non-muslim consumer in Metro city Islamic bank. This research is a qualitative research using phenomenology approach. Data collection that is used in this research is in-depth interview, documentation, and field observation. The data analysis technique in this study is using John W. Creswell theory that describes personal experience with phenomena, make a list of important statements, describes the "what" and "how" the experience takes place, and write a description of the phenomenon. Meanwhile, checking the validity of the data is using triangulation. The results of this study indicate that the behaviour of non-Muslim consumer in general they do not really understand about the system in Islamic Bank. Moreover, the consideration of non-muslim consumer in choosing Islamic bank is the service system in Islamic bank is not inferior to those conventional bank, the existence of reference group is also the reason of non-muslim consumer in choosing a bank. While, switching behaviour that has done by non-muslim consumers due to the profit sharing programs, service, facilities and the reputation of Islamic bank is more competitive. While the motive of non-Muslim consumer moving to Islamic bank is purely an economic motives without any intention to practice the religion teachings by avoiding usury or known as riba. 

File :
14801001.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang