DETAIL DOCUMENT
Manajemen Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu Guru: Studi Multikasus di MAN Kota Blitar dan MA Ma’arif NU Blitar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Author, Muhammad Nailul
Subject
 
Datestamp
2018-03-15 08:30:18 
Abstract :
ABSTRAK Guru mempunyai peran sangat vital dalam menentukan mutu pendidikan. Mutu pendidikan suatu lembaga tidak akan tercapai tanpa adanya upaya peningkatan mutu guru. Kepala madrasah juga mempunyai andil yang sangat besar dalam peningkatan mutu guru. Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan kepala madrasah dalam mengelola guru secara efektif dan efisien. Karena keberhasilan lembaga pendidikan bergantung bagaimana kepala madrasah mengelolanya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan mutu guru studi mulitikasus di MAN Kota Blitar dan MA Ma?arif NU Blitar yang meliputi: 1) standar mutu guru di MAN Kota Blitar dan MA Ma?arif NU Blitar; 2) strategi pengembangan mutu guru di MAN Kota Blitar dan MA Ma?arif NU Blitar; 3) evaluasi peningkatan mutu guru di MAN Kota Blitar dan MA Ma?arif NU Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multikasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik metode observasi (pengamatan), metode indepth interview (wawancara mendalam), dan metode dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti; teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode; dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa proses manajemen peningkatan mutu guru di MAN Kota Blitar dan MA Ma?arif NU Blitar berjalan dengan maksimal berkat motivasi dan dorongan dari kepala madrasah serta mampu menjalin kerja sama yang solid antar kepala madrasah, guru, dan semua civitas akademika madrasah. Keberhasilan kedua madrasah tersebut ditentukan oleh kepala madrasah yang mampu me-manage dan memaksimalkan program- program peningkatan mutu guru sehinga dapat menggapai visi, misi, dan tujuan madrasah. ABSTRACT Teachers have a vital role in determining the quality of education. Quality of education of an institution can not be achieved without improving the quality of teachers. Headmaster also has a large stake in improving the quality of teachers. Therefore, it needs the ability headmaster in managing teacher effectively and efficiently. Due to the success of educational institution depends on how the headmaster to manage it well. This study aims to reveal principal management in improving quality of teacher (multicase study in MAN Kota Blitar and MA Ma?arif NU Blitar which include: 1) standard quality of teacher in MAN Kota Blitar and MA Maarif NU Blitar; 2) strategy development quality of teacher development in MAN Kota Blitar and MA Ma?arif NU Blitar; 3) evaluation enhancement quality of teacher in MAN Kota Blitar and MA Ma?arif NU Blitar. This study used a qualitative approach with multi-case study design. Data was collected by using the technique of observation method, the in-depth interview method, and documentation method. Data analysis techniques include data reduction, data presentation, and conclusion. Checking the validity of the findings made by way of an extension of the participation of researchers; triangulation techniques using a variety of sources, theories, and methods; and the persistence of observation. Informant this research is headmaster, deputy head of the curriculum, and teachers. The finding result of this study indicated that the process quality management improvement of teachers in MAN Kota Blitar and MA Ma?arif NU Blitar run maximumly thanks to the motivation and encouragement from the headmaster and able to establish solid cooperation between the headmaster, teacher, and all the academic community school. The successfull both the school was determined by a headmaster who is able to manage and maximize the teacher quality improvement programs can achieve the vision, mission, and goal of school. 

File :
11710011.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang