DETAIL DOCUMENT
Pengaruh pajak, tunneling incentive, debt covenant dan exchange rate terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan transfer pricing : Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Ni’maturosyiddah, Alfin
Subject
 
Datestamp
2018-04-24 08:37:58 
Abstract :
INDONESIA: Fenomena transfer pricing biasa terjadi berdasarkan motivasi manajemen untuk penghindaran pajak dan perilaku oportunistik manajerial. Tarif pajak yang tinggi cenderung menyebabkan perusahaan melakukan transfer harga ke perusahaan sepengendali di negara dengan tarif pajak yang rendah. Kepemilikan saham yang terkonsentrasi pada satu pihak cenderung terjadi tunneling, dilakukan dengan menjual aset perusahaan kepada perusahaan yang dimiliki dengan harga di bawah harga pasar. Rasio hutang perusahaan yang tinggi cenderung membuat manajer memilih kebijakan akuntansi dengan perubahan laba. Fluktuasi nilai tukar valuta menyebabkan manajer memilih mengurangi risiko nilai tukar dengan memindahkan dana ke mata uang yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pajak, tunneling incentive, debt covenant dan exchange rate terhadap keputusan transfer pricing perusahaan manufaktur. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016, diperoleh hasil 15 perusahaan dengan metode purposive sampling. Untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen digunakan analisis regresi logistik dengan menggunakan IBM SPSS Statistic 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pajak, tunneling incentive dan debt covenant berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan perusahaan manufaktur untuk melakukan transfer pricing. Sedangkan variabel exchange rate tidak berpengaruh terhadap keputusan perusahaan manufaktur untuk melakukan transfer pricing. ENGLISH: The transfer pricing phenomenon usually bases on the management motivation for tax avoidance and managerial opportunistic. High tax rate tends to cause companies to transfer prices toward same companies in country with low tax rate. Concentrated share ownership on one side tends to occur tunneling, done by selling the company's assets to the company with price under the market price. The high debt ratio of firms tends to make manager chooses accounting policies with earnings changes. Exchange rate fluctuations cause managers to choose in reducing exchange rate risk by transferring funds to strong currencies. The research aims at determining the the influence of taxes, incentive tunneling, debt covenant and exchange rate against transfer pricing decision of manufacturing companies. The sample of the research was a manufacturing company listed on the Indonesia Stock Exchange of 2012-2016, it was obtained the results of 15 companies with purposive sampling method. To know the influence of independent variable against dependent variable used logistic regression analysis by using IBM SPSS Statistic 24. The research results showed that variable of tax, incentive tunneling and debt covenant had a positive and significant influence toward the decision of manufacturing companies in doing transfer pricing. The exchange rate variable didn?t influence on the decision of manufacturing companies in doing transfer pricing 

File :
13520063.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang