DETAIL DOCUMENT
Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian Prajurit: Studi pada TNI AD: SIBINROHIS BINTALDAM V/Brawijaya, Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Hidayah, Sahrul
Subject
 
Datestamp
2023-06-19 03:12:59 
Abstract :
ABSTRAK Pendidikan sangatlah penting kedudukannya dalam pengaruh pertumbuhan dan perkembangan jiwa manusia. Dengan pendidikan, manusia akan dapat menyesuaikan terhadap lingkungannya bila manusia tersebut memiliki pondasi keilmuan dan wawasan yang cukup. Tanpa adanya pondasi keilmuan dan wawasan yang cukup maka yang terjadi adalah sebuah penindasan dan pergeseran zaman oleh orang-orang yang bodoh. Model pendidikan yang diterapkan tentunya berpengaruh terhadap hasilnya. Karena model adalah implifikasi dari suatu sistem, yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Berangkat dari fakta tersebut focus penelitian tesis ini adalah; (1) Bagaimana pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Sibinrohis Bintaldam V/Brawijaya Malang, (2) Bagaimana konsep model pendidikan agama Islam di Sibinrohis Bintaldam V/Brawijaya Malang, (3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Sibinrohis Bintaldam V/Brawijaya Malang. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan metode triangulasi, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Sibinrohis Bintaldam V/Brawijaya Malang melewati empat tahapan yakni, bimbingan rohani Islam, penyuluhan rohani Islam, perawatan rohani Islam dan pelayanan rohani Islam. (2) Model pendidikan agama Islam di Sibinrohis Bintaldam V/Brawijaya Malang terdiri atas dua model, yakni pertama model structural dan kedua model organik. Kemudian, sebagai bentuk kongkret dari model-model diatas yakni struktural dan organik dapat diklasifikasikan menjadi empat, diantaranya bimbingan, penyuluhan, perawatan, dan pelayanan. (3) Evaluasi pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Sibinrohis Bintaldam V/Brawijaya Malang terdiri dari dua evaluasi program, yakni; evaluasi pelaksanaan selama pembinaan dan evaluasi terhadap objek yang dibina. ?????? ????? ??? ??????? ?? ???? ??? ??? ?? ??? ?????? ?????? ????? ???????. ?? ???????? ?????? ??? ???? ????? ??? ?????? ?? ????? ??? ????? ???? ???? ???? ???????? ?????. ??? ???? ?? ??????? ???????? ?? ???? ?? ?? ???? ????? ????? ???? ?? ??? ????? ????? ??????. ??????? ???????? ????????? ???? ???????? ??? ???????. ??? ??????? ?? ?????? ???????? ??? ??? ??????? ???? ??? ????? ??????. ????????? ?? ????? ?? ??????? ?? ??? ???????? ??: (1) ??? ??? ????? ??????? ????????? ?? ????????? ???????? V / ????????? ??????? (2) ??? ?? ????? ????? ??????? ????????? ?? ????????? ???????? V / ????????? ??????? (3) ??? ?????? ????? ??????? ????????? ?? ????????? ???????? V / ????????? ??????. ?????? ??? ????? ??? ???? ????. ??? ????? ?? ????? ?? ????? ???? ??????? ?????? ???????? ???? ??? ???????? ?? ???? ????????? ????????? ???????? ?????????? ????????. ????? ?????? ????? ???????? ???? ?? ????????? ???? ???????? ?????????? ???????. ????? ??????? ?? ???: (1) ????? ??????? ????????? ?? ????????? ???????? V / ????????? ?????? ?? ???? ???? ????? ??? ??????? ?????? ?? ???????? ?????? ??????? ??????? ?????????? ???????? ??????? ??????? ??????? ???????. (2) ????? ??????? ????????? ?? ????????? ???????? V / ????????? ?????? ????? ?? ???????? ????? ??????? ??????? ??????? ?? ????? ???????. ??? ???????? ???? ?????? ?? ??????? ??? ???????? ???????? ???? ??????? ??? ?????? ??? ?? ??? ??????? ????????? ???????? ????????. (3) ????? ????? ??????? ????????? ?? ????????? ???????? V / ????????? ?????? ????? ????? ?? ????????? ???. ????? ????? ?????? ?????? ?????? ???? ?????. ABSTRACT Education is extremely important position within the influence of the growth and development of the human soul. With education, people will be able to adjust to its environment when man has scientific foundation and considerable insight. Without the foundation of knowledge and insight enough then there is an oppression and shift times by people who are ignorant. Educational model applied certainly affect the results. Because the model is the implication of a system, which describes the actual situation. Departing from the fact that the focus of this thesis is; (1) How is the implementation of Islamic Education in Sibinrohis Bintaldam V / Brawijaya, (2) How is the concept model of Islamic education in Sibinrohis Bintaldam V / Brawijaya, (3) How would you evaluate the implementation of Islamic Education in Sibinrohis Bintaldam V / Brawijaya. This research uses descriptive qualitative research. This type of research is a case study using triangulation methods, data collection is done by in-depth interviews, participant observation, and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data display, and conclusion and verification. The results showed that: (1) The implementation of Islamic Education in Sibinrohis Bintaldam V / Brawijaya through four phases namel 

File :
14770064.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang