DETAIL DOCUMENT
Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatlan motivasi belajar SKI siswa di MTsN Batu
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Hayeemasae, Muhammad Saddam
Subject
 
Datestamp
2018-04-24 08:46:21 
Abstract :
INDONESIA : Dalam permasalahan sehari-hari permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana pendidik (guru Agama) tersebut dapat pelaksanaan tugasnya dengan baik, sebab akhir-akhir ini banyak peserta didik yang masih kurang dalam memahami pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. Apakah hal ini disebabkan siswa yang masih kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar atau cara guru dalam mengajar monoton, sehingga siswa menjadi apatis. Oleh karena itu, guru harus memilih metode yang tepat yakni dengan menggunakan strategi belajar aktif (active learning strategy) yang mana belajar aktif banyak sekali metode-metode pembelajaran untuk mengaktifkan siswa dalam belajar di kelas maupun diluar kelas. Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar SKI di mtsn batu. (2) Untuk mengetahui motivasi belajar SKI siswa di MTsN Batu. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar SKI siswa di mtsn batu. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui (1). Wawancara (2). Pengamatan (Observasi) dan (3). Dokumentasi. Selanjutnya analisa data dilakukan dengan: (1) Analisa selama pengumpulan data yakni menggunakan analisa deskriptif, (2) Teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) penerapan strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar SKI di mtsn Batu yaitu terdidri atas metode Diskusi, jigsaw, tanya jawab. (2) Peningkatan motivasi belajar siswa SKI di MTsN Batu ada perubahan diatndai dari keaktifan, kesenganan, dari yang malas menjadi rajin dan antusius, mereka meskipun masih ada sebagian yang motivasinya tidak meningkat dan juga ada yang motivasinya menetap. (3) Faktor pendukung adalah, adanya sarana dan sumber belajar yang memadai, minat belajar siswa yang tinggi, dan semangat, jam waktu pembelajaran dan serta profesionalisme guru SKI dalam membimbing anak didiknya. Sedangkan faktor-faktor penghambat antara lain adanya sebagian siswa yang masih enggan untuk mengemukakan pendapatnya, jam waktu pembelajaran, fasilitas yang tidak mendukung dan latar belakang siswa yang berbeda. ENGLISH: Everyday, the problem we faced is how the teacher (Religion Teachet) can do his duty well, because nowadays many students lack of understanding in studying Islamic culture history. Is it caused by inactive students in learning process or the way teacher taught is monotone, so the students become apathetic. So that, the teacher must pick a suitable method by using active learning strategy which contains many methods to activate the students either indoor or outdoor study. The purposes of this thesis are 1) To know the application of active learning strategy in increasing studying motivation of SKI in MTsN Batu 2) To know students studying motivation of SKI in MTsN Batu 3) To know supporting and inhibiting factor in application of active learning strategy in increasing studying motivation of SKI in MTsN Batu To reach those purposes, this research use a qualitative type, data collection technique is done through 1) Interview 2) Observation and 3) Documentation. Them, data analysis is done by 1) Analysis through the data collection using descriptive analysis, 2) Data validation technique bu using triangulation of data sources The result of this research shown that 1) The application of active learning strategy in increasing studying motivation of SKI in MTsN Batu consists of Discussion, Jigsaw, and question and answer 2) The increase of students studying motivation of SKI in MTsN Batu signed by liveness, enjoymet, from the lazy to diligent and enthusiast, although there are few who still in the same level as before 3) The supporting factors are, the availability of infrastructure, the high interest of students to study, spirit, the lesson hour and also the professionalism of SKI teacher in guiding his students. While the inhibiting factors are some students who are reluctant to express his opinion, the lesson hour, unsupported facility, and different background of students. 

File :
13110279.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang