DETAIL DOCUMENT
Nilai-nilai karakter dalam buku Wasis Basa dan Implementasinya dalam pembelajaran bahasa Jawa di Kelas V SD Islam Sunan Giri Ngebruk Kabupaten Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Fu’adi, Hudan
Subject
 
Datestamp
2023-05-08 02:05:52 
Abstract :
ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah adanya kemerosotan moral dan karakter siswa dalam dunia pendidikan. Upaya yang bisa dilakukan adalah perbaikan kualitas siswa melalui pendidikan karakter. Pendidikan tingkat dasar merupakan tempat yang sesuai bagi pertumbuhan karakter siswa. Bahasa Jawa di SDI Sunan Giri merupakan salah satu mata pelajaran yang memuat pendidikan karakter di dalamnya. Mata pelajaran bahasa Jawa ini adalah muatan kearifan lokal yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter budaya bangsa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Memaparkan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku bahasa Jawa Wasis Jawa kelas V terbitan Erlangga, 2) mengetahui tentang penerapan pendidikan karakter melalui pembelajaran Bahasa Jawa di SD Islam Sunan Giri Ngebruk kelas V. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Data penelitian adalah materi ajar dan latihan dalam buku Wasis Jawa kelas V terbitan Erlangga. Proses pengumpulan data menggunakan analisis isi, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku Wasis Jawa kelas V terbitan Erlangga yaitu, a) religius, b) jujur, c) kerja keras, d) kreatif, e) mandiri, f) demokratis, g) rasa ingin tahu, h) semangat kebangsaan, i) menghargai prestasi, j) gemar membaca, k) peduli social, dan l) tanggung jawab. Selain itu ada satu nilai karakter selain yang dirumuskan Kemendiknas yaitu nilai etika Jawa.2) Implementasi nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Jawa yaitu: a) religius, b) kejujuran, c) kerjakeras, d) kreatif, e) mandiri, f) demokratis, g) rasa ingin tahu, h) semangat kebangsaan, i) menghargai prestasi, j) gemar membaca, k) peduli social, dan l) etika Jawa. Proses implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jawa kelas V SDI Sunan Giri telah sesuai dengan rumusan Kemendiknas itu dapat dilihat dari RPP yang dibuat guru sudah menerapkan RPP berkarakter. Tetapi pemahaman guru terkait pendidikan karakter kurang, sehingga dalam pembelajaran, hanya beberapa karakter yang diterapkan. Secara umum, penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jawa di kelas V SDI Sunan Giri sudah baik. Saran yang dapat peneliti berikan dari hasil penelitian yaitu (1) penerbit dan penulis buku teks hendaknya lebih bervariatif dalam memberikan materi, latihan maupun contoh di setiap kompetensi, (2) guru hendaknya cermat dalam memilih buku teks yang mengandung nilai pendidikan karakter, (3) guru harus lebih bervariatif dalam penerapan nilai karakter. ABSTRACT The background of this research is the moral decline and character of students in education. Efforts that can be done is to improve the quality of students through character education. Primary education is a suitable place for the growth of the student's character. Java language in SDI Sunan Giri is one of the subjects that includes character education in it. Java language subjects are local wisdom payload containing the values of the nation's cultural character education. The purpose of this study were: 1) Describe the educational values of characters contained in the Java language books Wasis Bases V class issue grants, 2) know about the implementation of character education through learning the Java language in elementary Islam Sunan Giri Ngebruk class V. This study used a qualitative descriptive. The research data is the teaching material and exercises in class V Wasis Basa book published by Erlangga. The process of collecting data using content analysis, observation, documentation, and interviews. The results showed that: 1) the values of character education contained in the book Wasis base class V published by Erland namely, a) religious, b) honest, c) kerjakeras, d) creative, e) independently, f) democratic, g ) curiosity, h) national spirit, i) to appreciate the achievements, j) fond of reading, k) social care, and l) responsibility. Additionally there is a character other than those defined value Kemendiknas found that the ethics Java. Implementation of the character value in learning the Java language, namely: a) religious, b) honesty, c) Hard work, d) creative, e) independently, f) democratic, g) curiosity, h) national spirit, i) appreciate the achievements, j) likes reading, k) social care, and l) ethics Java. The implementation process of character education in language learning Java classes V SDI Sunan Giri in accordance with the formulation Kemendiknas it can be seen from the RPP made teachers have applied RPP of habituation exemplary character and the teacher in the classroom. But understanding related to character education teacher lacking, resulting in learning, only a few characters that implemented. in general, the implementation of character education in the Java language learning in class V SDI Sunan Giri has been running well Suggestions given of the results of the study are (1) 

File :
1110018.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang