DETAIL DOCUMENT
Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian laptop merek ASUS: Studi di Perguruan Tinggi Negeri Kota Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Aziz, Ipung Miftakhul
Subject
 
Datestamp
2018-04-30 03:57:53 
Abstract :
INDONESIA: Dunia pemasaran yang semakin kompetitif menuntut perusahaan untuk terus meningkatkan keunggulan daya saing yang dimiliki. Atribut produk menjadi sarana bagi perusahaan yang ditujukan untuk menarik, mengembangkan serta memelihara loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel atribut produk yang terdiri dari merek, harga, kualitas, desain, dan garansi terhadap keputusan pembelian laptop merek ASUS di perguruan tinggi negeri Kota Malang baik secara simultan maupun secara parsial serta untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di perguruan tinggi negeri Kota Malang dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. Pengujian instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas.Uji asumsi klasik menggunakan uji multikolinieritas, heteroskedastisitas, autokorelasi, normalitas dan linieritas. Sedangkan metode analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel atribut produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian laptop ASUS adalah merek, kualitas, dan desain, sedangkan variabel yang tidak berpengaruh signifikan adalah harga dan garansi. Dari kelima variabel atribut produk diatas, yang paling berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian laptop ASUS adalah variabel merek. ENGLISH: An increasingly competitive world of marketing requires companies to continuously enhance their competitive advantage. Product attributes become a means for companies to attract, develop and maintain consumers? loyalty. This study aims to determine the effect of product attribute variables consisting of brand, price, quality, design, and warranty on ASUS laptop purchase decision in state university in Malang City, both simultaneously and partially.It also aims to know the variable that has dominant effecton the purchase decision. This study employs quantitative approach. The population is all students in state universityin Malang city and the number of samples is 110 respondents. The sampling technique is accidental sampling. The instrument is tested using validity and reliability test. The classic assumption tests are multicollinearity, heteroscedasticity, autocorrelation, normality and linearitytest. Meanwhile, the data analysis method is multiple linear regression. The results indicate that, simultaneously, product attribute variable has significant effect on purchase decision. Partially, the variables that significantly influence ASUS laptops purchase decision are brand, quality, and design. Meanwhile, the variables that have no significant effect are price and warranty. Among the five product attribute variables, the one that has most dominant effect on ASUS laptop purchase decision is the brand variable. 

File :
10510136.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang