DETAIL DOCUMENT
Implementasi aspek hukum Standar Pelayanan Minimum (SPM) pada pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan tinjauan fatwa Dewan Syariah Nasional MUI no. 107/DSN-MUI/X/106 tentang pedoman penyelenggaraan rumah sakit berdasarkan prinsip syaria
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Syach, Wildani Mahaldyan
Subject
 
Datestamp
2018-05-04 04:40:04 
Abstract :
INDONESIA: Dalam hal pelayanan tentu tidak lepas dari kepuasan konsumen atau dalam kaitannya pasien. Kepuasan pasien merupakan indikator pertama dari standar suatu rumah sakit dan suatu ukuran mutu pelayanan. Kepuasan pasien yang rendah akan berdampak terhadap jumlah kunjungan dirumah sakit, sedangkan sikap karyawan terhadap pasien juga akan berdampak terhadap kepuasan pasien dimana kebutuhan pasien dari waktu ke waktu akan meningkat. Dalam hal pelayanan telah diatur dalam standar pelayanan minimum rumah sakit. Penelitian ini membahas tentang implementasi aspek hukum standar pelayanan minimum pada pasien BPJS di RSUD Kabupaten Jomban serta dalam tinjauan pelayanannya menurut Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI No. 107/DSN-MUI/X/106 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Rumah Sakit Berdasarkan Prinsip Syariah yang memfokuskan pada penerapan dari undang-undang serta tinjauannya menurut fatwa DSN MUI. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian yuridis empiris. Penelitian ini juga di sebut dengan penelitian field research di karernakan penelitian lebih menekankan pada data lapangan sebagi objek yang di teliti. pendekatan yang di gunakan adalah kualitatif. Dalam pnelitian ini metoide analisis data yang di gunakan adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian yang peneliti peroleh adalah tingkat kepuasan pasien yang tinggi dengan dibuktikan data-data yang diperoleh peneliti. Jumlah responden yaitu 50 orang. Dari jumlah responden menyatakan puas dengan pelayanan yang diberikan mencapai 36 orang dan 14 orang tidak puas. Namun demikian pelayanan yang diberikan belum 100% terlaksana berdasarkan analisis responden yang mengalami ketidakpuasan. Hal yang demikian tentu sangat berpengaruh terhadap pelayanan karena pasien merupakan salah satu sumber utama dari pelayanan. berdasarkan SPM pelayanan kesehatan sejatinya harus dipenuhi sesuai standart dan indikator yang ditentukanUntuk mewujudkan pelayanan yang maksimal demi terciptanya pelayanan kesehatan yang baik. Terakhir mengenai tinjauan menurut fatwa bawasannya RSUD Kabupaten Jombang mempunyai nilai lebih karena indikator dari fatwa telah terpenuhi baik secara langsung maupun tidak langsunng. ENGLISH: In terms of service certainly can not be separated from customer satisfaction or in relation to the patient. Patient satisfaction is the first indicator of a hospital's standard and a measure of service quality. Poor patient satisfaction will affect the number of hospital visits, while the employee's attitude towards the patient will also have an impact on patient satisfaction where the patient's needs over time will increase. In the case of service has been set in the minimum hospital service standards. This study discusses the implementation of the legal aspects of minimum service standards in BPJS patients in Jomban District Hospital as well as in the review of its services according to Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI. 107 / DSN-MUI / X / 106 Concerning Guidelines for Hospital Operations Based on Sharia Principles which focus on the application of the law as well as its review according to the DSN MUI fatwa. This research belongs to a kind of empirical juridical research. This research is also called research field research in research ranches more emphasis on the field data as the object in the perusal. the approach used is qualitative. In this research metoide data analysis in use is descriptive analysis method. The results of research that researchers get is a high level of patient satisfaction with proven data obtained by researchers. The number of respondents is 50 people. Of the total respondents stated satisfied with the service provided reached 36 people and 14 people are not satisfied. Nevertheless, the service provided is not 100% done based on the analysis of respondents experiencing dissatisfaction. This is certainly very influential on the service because the patient is one of the main sources of service. based on SPM health services must be fulfilled in accordance with the standard and indicators specified. to realize the maximum service for the creation of good health services. Lastly, the review according to the fatwa of the sub-district of Jombang District Hospital has more value because the indicators of the fatwa have been met either directly or indirectly. 

File :
13220140.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang