DETAIL DOCUMENT
Pemikiran pembaharuan Pendidikan Islam: Studi komparasi atas pemikiran KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan, implementasinya dalam Pendidikan Islam di Era Global
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Muttaqin, Annas
Subject
 
Datestamp
2023-05-15 03:10:09 
Abstract :
?????? ????? ????? ???????? ????? ????? ??????? ????????? (????? ???????? ????? ????? ???? ????? ????? ? ????? ???? ????? ?????) ?????? ?? ??????? ????????? ?? ?????? ??????? ???? ?????? ??? ???? ????? ????? ??????? ????????? ???? ???? ????? ?????? ?????? ???? ???? ??????? ??? ????? ??????? ????????? ?????? ?? ????? ?????? ??????? ?????? ??? ?????? ?????????. ???? ??????? ?? ??? ????? ?? ??????? ? ???????? ????? ????? ??????? ????????? ??? ????? ???? ????? ????? ? ????? ???? ?????. ?? ???? ??????? ???????, ?????? ????? ???????? ?? ????? ???? ?????? ?? ????? ???? ?????? ??? ??????? ??????? ?? ????? ????? ???? ????? ????? ? ????? ???? ????? ?????. ??? ???? ????? ??????? ?? ????? ?????? ??????? ?????????. ????? ???? ????? ????? ? ????? ???? ????? ????? ?????? ??????? ? ???????? ?? ??? ??? ?????? ?????????. ???????, ??? ?????? ?????? ??? ??????? ??????? ?? ????? ???? ????? ?????????? ?? ??? ????? ???? ??????? ?? ?? ?????. ????? ????? ???? ?????? ???? ??????? ?? ???? ??????? ????????? ??? ??????? ??? ??????? ?? ?????: 1) ????? ??????? ?????????? 2) ??????? ??????? ????????. 3) ??????? ?????????. ?? ??? ????? ???? ??????? ?? ????? ??? ???? ?? ???? ?? ??? ????? ????? ????? ????? ??????? ?? ????????? ?? ??? ?????? ???????. ABSTRACT Research with the title Thought of Renewal of Islamic Education (Comparative Study on Thought KH Hasyim Asy'ari and KH Ahmad Dahlan) Implementation In Islamic Education In The Global Era aims to find out how the conception of Islamic education renewal offered by both figures is able to inspire the implementing elements education in order to develop Islamic education so that Islamic education can respond to the challenge of globalization by staying based on the values of Islamic teachings. The focus of the problem in this research is the similarities and differences of Islamic education reform according to K.H. Hasyim Asy'ari and K.H. Ahmad Dahlan. From the focus of the problems mentioned earlier, the author took steps to then analyze or examine it with the aim of being able to know, understand, and able to draw conclusions from Islamic education thinking K.H. Hasyim Asy'ari and K.H. Ahmad Dahlan, so that the results of the study can be a contribution in the implementation and development of Islamic education. K.H. Hasyim Asy'ari and K.H. Ahmad Dahlan has similarities and differences in view of Islamic education. However, in general they both agree that Islamic education is a means and effort appropriate and strategic in order to save human life from any matter. Concerning this research, it can be concluded that the similarities and differences according to the perspective between the two figures are three, namely: 1) Definition of Islamic Education; 2) Curriculum Changes; 3) Educational Objectives. From this research the researcher hopes, with the knowledge that can be taken from this research change the mindset of education of Islam Islam Islam in Indonesia in this Global era ABSTRAK Penelitian dengan judul Pemikiran Pembaharuan Pendidikan Islam (Studi Komparasi Atas Pemikiran KH. Hasyim Asy?ari dan KH. Ahmad Dahlan) Implementasinya Dalam Pendidikan Islam Di Era Global ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsepsi pembaharuan pendidikan Islam yang ditawarkan oleh kedua tokoh tersebut mampu menginspirasikan elemen pelaksana pendidikan dalam rangka mengembangkan pendidikan Islam agar kemudian pendidikan Islam mampu menjawab tantangan globalisasi dengan tetap mendasarkan pada nilai-nilai ajaran Islam. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah persamaan dan perbedaan pembaharuan pendidikan Islam menurut K.H. Hasyim Asy?ari dan K.H. Ahmad Dahlan. Dari fokus masalah yang sudah disebutkan tadi, penulis mengambil langkah untuk kemudian menganalisis atau menelitinya dengan tujuan mampu mengetahui, memahami, dan mampu mengambil kesimpulan dari pemikiran pendidikan Islam K.H. Hasyim Asy?ari dan K.H. Ahmad Dahlan , sehingga hasil dari telaah tersebut mampu dijadikan kontribusi dalam terselenggaranya dan berkembangnya pendidikan Islam. K.H. Hasyim Asy?ari dan K.H. Ahmad Dahlan memiliki persamaan dan perbedaan dalam memandang pendidikan Islam. Namun, secara umum mereka berdua sepakat bahwa pendidikan Islam merupakan sarana dan upaya yang tepat dan strategis dalam rangka menyelamatkan kehidupan manusia dari hal apapun. Mengenai penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persamaan dan perbedaan menurut prespektif antara kedua tokoh tersebut ada tiga, yaitu: 1) Definisi Pendidikan Islam; 2) Perubahan Kurikulum; 3) Tujuan Pendidikan. Dari penelitian ini peneliti berharap, dengan pengetahuan yang dapat diambil dari penelitian ini merubah pola pikir pendidikan Agama Islam Islam di Indonesia pada era Global ini 

File :
12110077.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang