DETAIL DOCUMENT
Pengaruh kualitas produk terhadap komunikasi Word of Mouth positif pada Kedai Wak Edoy Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Pohan, Muhammad Yasir Arafat
Subject
 
Datestamp
2023-03-21 07:21:01 
Abstract :
ABSTRAK Pertumbuhan bisnis kuliner yang sangat pesat menengharuskan para pengusaha kuliner untuk melakukan kegiatan pemasaran seperti periklanan dan promosi baik itu iklan melalui media cetak maupun melalui media online. Akan tetapi sebelum menerapkan metode pemasaran yang begitu banyak, perusahaan harus memperhatikan kualitas produk karena kualitas produk yang baik akan menimbulkan komunikasi word of mouth positif. Melalui dengan kualitas produk yang baik, konsumen yang merasa terpuaskan akan saling merekomendasikan agar membeli di tembat tersebut. Pemasaran word of mouth positif sangat efektif karena orang yng menyampaikan secara langsung lebih dipercaya daripada iklan menggunakan media cetak ataupun media online. Metode word of mouth inilah yang digunakan oleh Kedai Wak Edoy dalam kegiatan pemasarannya yang tidak terlalu bertumpu menggunakan iklan media cetak dan media online. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner/angket, Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan uji t dan uji f. Studi kasus dalam penelitian ini adalah pada Kedai Wak Edoy Malang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah kualitas produk berpengaruh untuk menggerakkan komunikasi word of mouth positif pada kedai Wak Edoy Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap munculnya komunikasi Word of Mouth positif pada Kedai Wak Edoy Malang, kualitas produk memiliki pengaruh signifikan secara parsialterhadap munculnya komunikasi Word of Mouth positif pada Kedai Wak Edoy Malang, dan indikator yang berpengaruh paling dominan terhadap komunikasi word of mouth positif pada kedai Wak Edoy Malang adalah indikator rasa. ABSTRACT The rapid growth of culinary business had forced culinary businesspersons to conduct marketing activities such as advertising and promotion either through the printed or through online media. But before implementing the various marketing methods, companies should pay attention to the product quality because good product quality would lead to positive word of mouth communication. Through good product quality, the satisfied consumers would recommend the others to buy in that place. Positive word-of-mouth marketing was very effective because the people who delivered it directly were more trusted than the advertisement using printed or online media. This word of mouth method was used by Kedai Wak Edoy in its marketing activities which were not counting too much on the printed and online media advertising. The approach used was quantitative approach, data collection technique was using questionnaire technique, the analyzing tool used was multiple linear regression with t test and f test. The case study in this research was at Kedai Wak Edoy Malang. This study aimed to see whether product quality had an effect to drive the positive word of mouth communication at Kedai Wak Edoy Malang. The results showed that product quality had a significant influence simultaneously to the emergence of positive Word of Mouth communication at Kedai Wak Edoy Malang, the product quality had a significant influence partially to the emergence of positive Word of Mouth communication at Kedai Wak Edoy Malang, and the most influential indicator of Positive word of mouth communication at Kedai Wak Edoy Malang was the taste indicator. 

File :
13510006.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang