DETAIL DOCUMENT
Komitmen guru dalam membentuk karakter siswa : Studi multisitus di Sekolah Dasar Islam Ihya Ulumuddin Nur Sufi’iyah dan Sekolah Dasar Islam Terpadu Ihsanul Amal
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Syaiful, Muhammad
Subject
 
Datestamp
2018-07-23 07:44:50 
Abstract :
INDONESIA: Guru merupakan ujung tombak memerlukan kreativitas dan kemandirian untuk mencapai kebijakan yang sudah di tetapkan oleh sekolah, jika ingin karakter siswanya terbentuk dengan baik guru hendaknya memiliki komitmen yang kuat agar tercapai tujuan yang telah ditetapkan oleh sekolah. Jika komitmen seseorang tinggi maka hasilnya juga akan memuaskan, tanpa komitmen sedikit sekali hal yang bisa dicapai, dengan komitmen pengalaman yang luar biasa bisa ditantang dan dipenuhi, komitmen membantu kita untuk fokos dalam menyelesaikan masalah, tanpa komitmen yang jelas kita akan mudah menyerah ketika bertemu masalah. Adapun tujuan penelitian ini Pertama, Mendeskripsikan Bentuk Komitmen Guru dalam Membentuk Karakter. Kedua, Mendeskripsikan Strategi menumbuhkan Komitmen Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. Ketiga, Mendeskripsikan Implikasi Komitmen Guru dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Multisitus Sekolah Dasar Islam Ihya Ulumuddin Nur Sufi?iyah dan Sekolah Dasar Islam Terpadu Ihsanul Amal). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multisitus. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, wawancara dan observasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Dari penelitian diperoleh hasil (1) bentuk komitmen guru dalam membentuk karakter adalah affective commitment guru bekerja secara profesioanal, bertanggungjawab terhadap pendidikan karakter anak, mematuhi dan menjalankan tujuan, visi, misi dari sekolah tentang pendidikan karakter, normative commitment kuatnya keinginan seorang guru dalam mendidik murid- murid di sekolah secara sungguh-sungguh, memberikan perhatian dan rasa peduli kepada para pesertadidik dalam membimbing belajar serta disiplin dalam bekerja, dan continuansce commitment guru memberikan pelayanan yang terbaik, menyesuaikan diri dengan sekolah. (2) strategi menumbuhkan komitmen guru dalam membentuk karakter adalah melalui pemberian hukuman, melalui pembiasaan, melalui pemberian penghargaan dan melalui program. (3) Implikasi komitmen guru dalam membentuk karakter siswa adalah disiplin, mandiri,rapi, menjaga kebersihan, rajin beribadah dan sebagainya ENGLISH: Teacher as the spearhead of education requires the creativity and independence to achieve the school?s established policy, if pupil?s character is well-formed, the teacher should have a strong commitment to achieve the goals set by school, so the school?s character education is successful. Because the science that students have without good behavior will not be balance. The purpose of this research is: Firts, to describe kind of Teacher Commitment in shaping of Student Character. (Multisite Studies on Islamic Elementary School of Ihya Ulumuddin Nur Sufi?iyah and Integrated Islamic Elementary School of Ihsanul Amal. Second, to describe strategy in growing teacher commitment in shaping of Student Character Multisite Studies on Islamic Elementary School of Ihya Ulumuddin NurSufi?iyah and Integrated Islamic Elementary School of Ihsanul Amal. Third, to describe the implications of teacher commitment in shaping of Student Character. (Multisite Studies on Islamic Elementary School of Ihya Ulumuddin NurSufi?iyah and Integrated Islamic Elementary School of IhsanulAmal. This research is qualitative research by using multisite studies design. The method of data collecting are documentation, interview and participant-observation at Islamic Elementary School of Ihya Ulumuddin NurSufi?iyah and Integrated Islamic Elementary School of Ihsanul Amal. After data was obtained and then data need to analyzed, and the validity of data is done by triangulation method. The result of this research are: 1) kind of teacher commitment in shaping of student character are affective commitment teachers work professionally, responsible for the character education of children, adhere to and enforce goals, vision and mission of the school on character education, normative commitment, really strong want to educate the students in theirs studi, give attention and care to students also discipline in work and continuance commitment, 2) the strategy of growing teacher commitment in shaping student character are, punishment, repetition, reward and program. 3) the implication of teacher commitment in shaping student character are, discipline, independent, neat, maintain cleanliness, and diligent worship, etc. 

File :
14761022.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang