DETAIL DOCUMENT
Metode suluk tarbiyah al-Nafs dalam pengembangan pendidikan karakter berbasis life skill di Zawiyah Al-hadiy Malang Jawa Timur
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Chakim, M. Sirojul
Subject
 
Datestamp
2018-07-25 08:34:13 
Abstract :
INDONESIA: Tujuan utama pendidikan adalah untuk mewujudkan manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, juga mengembangkan potensi, berakhlak mulia, berilmu dan bertanggung jawab, untuk mencapai tujuan pendidikan yang di usahakan lewat proses pembelajaran, diperlukan sebuah metode agar tujuan itu bisa tercapai dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mendeskripsikan metode suluk tarbiyah al-nafs dalam mengembangkan pendidikan karakter berbasis life skill di zawiyah al-Hadiy (2) mendiskripsikan proses pengembangan pendidikan karakter berbasis life skill di zawiyah al-Hadiy. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tahap penelitian dilakukan berupa pra-lapangan, penentuan teknik menggunakan purpose sampling dengan informan muqoddam dan santri zawiyah. Kemudian pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah itu analisis data dengan teknik analisis kualitatif dan pengecekan teman sejawat, tringulasi sumber dan ketekunan pengamat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode suluk tarbiyah al-nafs di zawiyah al-Hadiy menggunakan tiga prinsip, yaitu ta?alluq bil ?ilm, ta?alluq bil ta?dib dan ta?alluq bil khidmah, (2) dalam pembelajaran metode suluk tarbiyah al-nafs menggunakan 4 pendekatan, yaitu robithoh bil ?ilm, robithoh bil suluk, robithoh bil dzikr dan robithoh bil khidmah (3) aspek pendidikan dalam tarbiyah al-nafs dibagi menjadi dua, yaitu aspek bathiniyah dan dhohiriyah. ENGLISH: The main purpose of education is to make human believe faithfully in Allah and to develop themselves to be potential, kind and having noble character, knowledgeable and responsible, and also to achieve the purpose of education through the learning process. Then some methods are needed to do so that the purpose can be achieved properly and correctly. This research aims to: (1) describe the method of suluk tarbiyah al-nafs for developing life skill-based character education in zawiyah al-Hadiy (2) describe the process of life-skill-based character education development in zawiyah al-Hadiy. To achieve these purposes, this research uses qualitative-descriptive approach. The stages of the research conducted are pre-field observation, technique determination using purpose sampling with the informants that are muqoddam and santri zawiyah. Data collecting techniques used are observation, interview, and documentation. While data analysis technique used is qualitative analysis and peer checking, source triangulation, and observer persistence. The result of the research show that (1) the implementations of suluk tarbiyah el-nafs method in zawiyah al-Hadiy used three principles, which are ta?alluq bil ilm, ta?alluq bil ta?dib and ta?alluq bil khidmah, (2) the approaches of suluk tarbiyah el-nafs method learning used are four approaches, which are robithoh bil ilm, robithoh bil dzikr, robithoh bil khidmah and robithoh bil suluk, (3) education aspect in tarbiyah al-nafs is divided into two aspect which are inner aspect (aspek bathiniyah) and outer aspect (aspek dhohiriyah). 

File :
12110228.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang