DETAIL DOCUMENT
Peran guru pendidikan agama Islam dalam menanggulangi kenakalan remaja di SMAN 1 Belo
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Fatimah, Fatimah
Subject
 
Datestamp
2018-10-18 04:00:42 
Abstract :
INDONESIA: Peran guru PAI dalam menanggulangi kenakalan remaja adalah sejauh mana penanggulangan yang sudah dilakukan oleh guru PAI yang dampaknya kepada siswa dilihat dari perubahan yang dilakukan oleh siswa di sekolah, dengan mengubah pendekatan kepada siswa melalui pendektan humanis tujuannya agar terbinanya keakraban antar guru dan siswa. Selain itu juga ada tiga peranan penting yang dilakukan oleh guru PAI untuk menanggulangi kenakalan remaja yaitu : (1) sebagai motivator untuk memotivasi siswa dengan cara memberikan nasehat yang baik dan memberikan contoh akhlak yang baik. (2) sebagai pembimbing guru PAI memberikan bimbingan kepada siswa dengan cara memberikan pengarahan terstruktur di setiap ada permasalahan yang dilakukan oleh siswa yang bermasalah. (3) sebagai pengajar dan pendidik yaitu dengan cara mentransfer ilmu dan juga mendidik siswa agar terciptanya perkembangan dalam diri anak didiknya secara maksimal sesuai dengan nilai-nilai islam agar siswa jauh dari kata nakal. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui bagaimana peran guru pendidikan agama islam sebagai motivator dalam menanggulangi kenakalan remaja di SMA N 1 Belo. (2) untuk mengetahui peran guru pendidikan agama islam sebagai pembimbing dalam menanggulangi kenakalan remaja di SMA N 1 Belo. (3) untuk mengetahui peran guru pendidikan agama islam sebagai pengajar dan pendidik dalam menanggulangi kenakalan remaja di SMA N 1 Belo. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap analisis data dalam penelitian kualitatif secara umum dimulai sejak analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, triangulasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam menanggulangi kenakalan remaja berhasil dilakukan oleh guru pendidikan agama islam dengan cara mengubah pendekatan kepada siswa dengan pendekatan humanis atau pendekatan kemanusiaan. Dengan begitu siswa merasa dekat dengan gurunya dan setiap jam kosong siswa didekati dan dinasehati dari hati ke hati oleh guru agar menepis munculnya tawuran yang marak terjadi disekolah. Selain dengan pendekatan humanis guru juga memberikan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat kepada siswa seperti imtak, rohis, membaca asmaul husna dan surat-surat pendek. ENGLISH: The role of teacher PAI within tackle juvenile delinquency is so far tackle has been doing of teacher PAI the effect of students to show from change are doing of the student at the school, within with approach with changer approach to students through humanist approach the goal so that the establishment of intimacy between teachers and students. Besides from that, there are three an important role undertaken by PAI teachers for tackling juvenile delinquency are: (1) as a motivator for motivation students with given a good advice and give good examples of morals. (2) As mentor PAI teachers give guidance to students within a way the structural briefing on every problem to conducted by the problems of students. (3) As a lecturer and educator that is by transferring knowledge and also educating students to create the development in their students maximally in accordance with Islamic values so that students are far from the word naughty. The purposes of this research are: (1) how to know the role of Islamic religious education teacher as a motivator in tackling juvenile delinquency in SMA N 1 Belo. (2) To recognize the role of Islamic religious education teacher as a counselor in tackling juvenile delinquency in SMA N 1 Belo. (3) To know the role of Islamic religious education teachers as teachers and educators in tackling juvenile delinquency in SMAN 1 Belo. This research includes qualitative research. The technique of collecting data which done is interview way, observation, and documentation. The data analysis phase in qualitative research is generally started since the analysis of data collection, data reduction, data presentation, triangulation, and conclusion. Based on the results of research shows that the role of teacher Islamic religious education in talkling juvenile delinquency successfully conducted by Islamic religious education teachers by changing the approach to students with humanist approach or short approach to humanity. That way the students feel close to the teacher so, as not to the accurrence of brawny that accurred in school. In addition to the humanist approach, teachers also provide useful activities to students such as Imtak, spirits, reading asmaul husna and memorise holy Qur?an. 

File :
13110167.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang