DETAIL DOCUMENT
Pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran Fiqih di MTS Negeri 2 Kota Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Lestari, Putri
Subject
 
Datestamp
2018-10-18 04:02:44 
Abstract :
INDONESIA: Kegiatan paling pokok dalam seluruh proses pendidikan disekolah adalah kegiatan belajar. Berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan bergantung banyak pada bagaimana proses belajar siswa. Gaya belajar siswa juga dianggap berpengaruh terhadap keterlaksanaan proses belajar karena siswa merupakan kunci utama di dalamnya. Hal tersebut juga berlaku di MTs Negeri 2 Kota Malang. Sering didapati siswa MTs Negeri 2 Kota Malang yang mengalami kesulitan dalam mengikuti kegiatan belajar karena gaya belajar mereka yang dinilai kurang sesuai dengan proses belajar di kelas, khususnya pada saat mata pelajaran Fiqih. Akhirnya hal tersebut berdampak pada hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri 2 Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kausal korelasi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa-siswi kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Malang yang berjumlah 150 siswa, dengan sampel penelitian sebanyak 90 siswa, yaitu 20 siswa dari kelas VIII-A, 23 kelas VIII-B, 23 kelas VIII-C dan 24 siswa dari kelas VIII-D. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang digunakan untuk mengetahui kecenderungan gaya belajar siswa, dokumentasi untuk memperoleh data hasil belajar siswa, dan metode analisis data pada penelitian ini menggunakan uji analisis regresi linier sederhana. Setelah dilakukan penelitian, berdasarkan hasil uji T diketahui bahwa dengan nilai T = 115,33 dan signifikansi = 0,000 yang lebih kecil dari probabilitas 0,05, artinya ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji T variabel gaya belajar siswa menunjukkan T hitung sebesar 10,740, sedangkan T tabel pada tingkat keyakinan 95% adalah 1,662 (10,740 < 1,662), dan signifikansinya 0,000 < 0,05. Karena T hitung < T tabel dan signifikansi < 0,05, maka artinya gaya belajar siswa secara langsung berpengaruh terhadap variabel hasil belajar siswa. Dalam hasil uji regresi sederhana, untuk variabel independen gaya belajar siswa diketahui nilai R = 0,702 dan nilai R square = 0,503 yang artinya variabel dependen Hasil Belajar Siswa dapat dijelaskan oleh variabel independen Gaya Belajar Siswa. Dengan kata lain, variabel Gaya Belajar Siwa dapat mempengaruhi Hasil Belajar Siswa sebesar 50,3% (50%) dan sisanya sebesar 49,7% (50%) dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian. ENGLISH: The ultimate activity in the whole process of schooling is learning. Success or not achievement of educational goals depends much on how the learning process of students. Students? learning styles are also considered to affect the implementation of the learning process because students are the main key in it. This is also true in MTsN 2 Malang. There were often found students of MTsN 2 Malang who had difficulty in following the learning activities because their learning styles were considered less appropriate with the learning process in the classroom, especially for Fiqh. Then, it affected their learning outcomes. This study aims to explain the effect of learning styles on students? learning outcomes of Eight graders on subjects Fiqih in MTsN 2 Malang. The research study used is causal correlation quantitative. The populations in this study were Eight graders of MTsN 2 Malang City, that about 150 students, with a sample of 90 students, 20 students from VIII-A class, 23 VIII-B class, 23 VIII-C class and 24 students from VIII-D class. The data collection used in this study are questionnaires used to determine the trend of learning styles of students, documentation to obtain the data of students? learning outcomes, and interviews to know the students? learning styles and student learning outcomes. The method of data analysis in this study is using a simple linear regression analysis test. After doing the research, according to the result of T test known that the value T = 115.33 and significance = 0.000 is smaller than the probability of 0.05, it meant that there was a significant influence between students? learning styles on students? learning outcomes. Based on the results of T test, the first variable that is the students? learning style showed the value of T equal to 10,740, while T table at 95% confidence level is 1,662 (10,740 <1,662), and significance 0,000 <0,05. Because T value

File :
13110212.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang