DETAIL DOCUMENT
Implementasi pendidikan karakter melalui budaya religius di SMA Negeri 9 Malang Kota
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Izzaty, Mauliyah
Subject
 
Datestamp
2018-07-19 04:12:32 
Abstract :
INDONESIA: Pendidikan adalah usaha sadar yang tersistematis untuk memahami kebermakanaan hidup manusia sebagai Khalifah Fil Ardh. Perkembangan sains dan tekhnologi yang begitu cepat menjadikan peserta didik tidak dapat memfilter informasi yang baik dan buruk. Kurangnya pengawasan serta kerjasama antara orang tua dan sekolah menjadi hambatan untuk mencapai tujuan pendidikan. Pendidikan karakter sebagai upaya untuk memberikan kebiasaan-kebiasaan baik sehingga peserta didik mampu bersikap dan bertindak atas nilai-nilai yang telah menjadi kepribadiannya. Dalam pengimplementasian pendidikan karakter dibutuhkan berbagai strategi seperti keteladanan, pembiasaan, penanaman kedisiplinan, dan integrasi. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang dibahas oleh peneliti adalah: 1) Bagaimana perencanaan pendidikan karakter melalui budaya religius di SMA Negeri 9 Malang Kota, 2) Bagaimana pelaksanaan dan bentuk budaya religius di SMA Negeri 9 Malang Kota, 3) Bagaimana evaluasi dan dampak terhadap religius peserta didik di SMA Negeri 9 Malang Kota. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses perencanaan pendidikan karakter melalui budaya religius, menjabarkan proses pelaksanaan dan bentuk-bentuk budaya religius, dan menjelaskan proses evaluasi serta menganalisis dampak terhadap religius peserta didik di SMA Negeri 9 Malang Kota. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yaitu peneliti berangkat ke lapangan untuk mengadakan pengamatan secara intensif, terperinci, dan mendalam pada kasus yang terjadi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterprestasikan data-data yang ada untuk menggambarkan realitas sesuai dengan fenomena yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pendidikan karakter melalui budaya religius di SMA Negeri 9 Malang Kota terdapat 3 tahapan yakni: perencanaan, tindakan dan evaluasi. 2) Bentuk budaya religius di SMA Negeri 9 Malang Kota, terdiri dari 12 bentuk yaitu: 5S (salam, senyum, sapa, sopan dan santun), literasi agama, memakai kerudung pada hari Senin dan Selasa, puasa Senin dan Kamis, shalat dhuha, shalat dzuhur dan ashar berjamaah, Jum?at bersih dan Jum?at berbagi, shalat Jum?at dan Khutbah Jum?at, keputrian, PHBA, belajar agama, dan sinau sosial 3) Dampak terhadap religius siswa di SMAN 9 Malang Kota adalah religius, integritas, gotong royong dan mandiri. ENGLISH: Education is a systematized conscious effort to figure out the meaningfulness of human life which is as Khalifah Fil Ardh. The fast growth of science and technology causes students not to be able to filter good and bad information. The lack of control and cooperation between parents and school become the obstacles to reach the goal of education. Character Building as an effort to give good habits so that students are able to behave and act based on values that have become their own personalities. In implementing character building is required various strategies like exemplary, habituation, disciplinary cultivation, and integration. Based on the Background of the study above, then the problems of the study investigated by the researcher are: 1.) How is the design of character building through religious culture in SMAN 9 Malang Kota?, 2) How is the implementation and form of religious culture in SMA Negeri 9 Malang Kota?, 3) How is the evaluation and impact on the religious students in SMA Negeri 9 Malang Kota?. Whereas, the aim of this study is to find out and describe the process of character building design through religious culture, to describe the implementation process and the forms of religious culture, to explain the evaluation process and to analyse the impact on religious students in SMA Negeri 9 Malang Kota. The approach used in this study is a qualitative approach, specifically case study research, ie researchers who go to the field to hold an intensive, detailed, and in-depth observation on cases that occur. The methods of data collection is done through observation, interview, and documentation. To analyze the data, the authors used descriptive qualitative analysis, which is describe and interpret the existing data to describe the reality in accordance with the actual phenomenon. The results showed that: 1) Character building through religious culture in SMA Negeri 9 Malang Kota are 3 stages namely: planning, action and evaluation. 2) The form of religious culture in SMA Negeri 9 Malang Kota, consists of 12 forms: 5S (regards, smile, greeting, polite and well-mannered), religious literacy, wearing veils on Monday and Tuesday, fasting on Monday and Thursday, dhuha prayer, prayers dzuhur and ashar in congregation, Friday clean and Friday share, Friday prayers and Friday sermons, Femininity, PHBA, religious study,  

File :
13110284.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang