DETAIL DOCUMENT
Pengembangan media pembelajaran flip chart untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Al Khulafa'u Ar Rasyidin penerus perjuangan Nabi Muhammad SAW kelas VII di SMPN 2 Cerme di Kab. Gresik
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Wahyudi, Wahyudi
Subject
 
Datestamp
2018-07-19 03:59:21 
Abstract :
INDONESIA: Penelitian tentang pengembangan media pembelajaran ini dilatar belakangi oleh belum adanya media pembelajaran PAI yang dapat membantu siswa dalam pembelajaran Khulafaur Rasyidin. Selain itu, kesulitan siswa juga dalam pembelajaran yang selalu monoton menggunakan metode ceramah saja membuat para siswa jadi cepat lelah dan cepat bosan pada materi pelajaran PAI. Dalam media pembelajaran Flip Chart ini siswa jadi lebih mudah dalam memahami mata pelajaran yang sedang berlangsung. Kelebihan dalam penggunaan Flipchart untuk menyampaikan materi pembelajaran yang berguna mencapai tujuan. Sebagai salah satu media pembelajaran, Flipchart yang dipergunakan memiliki beberapa kelebihan, diantaranya : 1) Tujuan Media pembelajaran Flipchart yang efektif dapat dijadikan penyampai pesan secara terstruktur dan terencana terutama pada messages flipchart. Indikator pencapaian tujuan yang efektif adalah tercapaianya tujuan yang sudah direncanakan, untuk mencapai tujuan. Selain itu juga, Flipchart sangat praktis untuk dipergunakan, 2) Peserta didik sangat cocok untuk pembelajaran dengan jumlah peserta didik kelompok kecil yakni hingga 30 orang dengan ukuran 100 cm X 60 cm. Selain itu juga mampu meningkatkan aktivitas belajar dan menarik perhatian peserta didik. 3) Biaya Dari segi faktor biaya, flipchart merupakan salah satu media yang relatif lebih murah, 4) Ketersediaan Dalam pembuatan memperoleh bahan-bahan yang dipergunakan untuk membuat flipchart sangat mudah diperoleh di pasaran. Sehingga kita mampu membuatnya sendiri. Untuk tercapainya tujuan pembelajaran yang menarik bagi siswa, penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakn dua jenis data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada model Borg and Gall dengan menggunakan enam langkah pengembangannya. Saran yang diberikan berdasarkan hasil pengembangan media pembelajaran ini adalah diharapkan adanya penelitian tentang pengembangan media tentang pembelajaran karya sastra selain tentang materi pembelajaran Khulafaur Rasyidin seperti sejarah nabi Muhammad, sejarah wali songgo. ENGLISH: Research on the development of learning media is backgrounded by the absence of PAI learning media that can help students in learning Khulafaur Rashidin. In addition, students' difficulties also in the learning that is always monotonous using the lecture method only makes the students so quickly tired and quickly bored on the subject matter PAI. In this Flip Chart learning media students become easier in understanding the subjects that are taking place. The advantages in using Flipchart to deliver useful learning materials reach the goal. As one of the learning media, Flipchart used has several advantages, including: 1) Objectives Effective learning media Flipchart can be a messenger in a structured and planned messages, especially on flipchart messages. An indicator of achieving an effective goal is the achievement of a planned goal, to achieve the goal. In addition, Flipchart is very practical to use, 2) Learners are suitable for learning with small group of learners that is up to 30 people with the size of 100 cm X 60 cm. It is also able to increase learning activities and attract the attention of learners. 3) Costs In terms of cost factors, flipcharts are one of the relatively cheaper media, 4) Availability In the manufacture of obtaining materials used to make flipcharts is very easy to obtain on the market. So we can make it ourselves. To achieve the learning objectives of interest to students, this research uses Research and Development (RnD) research by using two types of data, namely quantitative data and qualitative data. The development of this instructional media refers to the Borg and Gall model using the six steps of development. Suggestions given based on the results of the development of this learning media is expected to have research on the development of media about the learning of literary works in addition to learning materials Khulafaur Rashidin like the history of the prophet Muhammad, history songgo wali. 

File :
14110009.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang