DETAIL DOCUMENT
Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam mata pelajaran olahraga di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Blitar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Susilowati, Mega
Subject
 
Datestamp
2018-10-18 03:39:57 
Abstract :
INDONESIA: Pendidikan di Indonesia dalam decade terakhir banyak menuai problem, salah satunya adalah mulai kroposnya akhlak generasi muda dan ini menjadi pembahasan penting yang patut diperhatikan kita semua.Hakikat tujuan Pendidikan Agama Islam pada umumnya adalah membentuk peserta didik agar menjadi problem tersebut maka perlu adanya trobosan salah satunya memulai internalisasi nilai-nilai pendidikan agam Islam dalam mata pelajaran olahraga di dalam kelas maupun di luar kelas khusunya mata pelajaran olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk memahami proses internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam mata pelajaran olahraga, (2) untuk memahami nilai-nilai pendidikan agama Islam yang dapat di internalisasikan pada siswa, (3) untuk memahami hasil internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mata pelajaran agama Islam di MTs Negeri 5 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.Pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Serta analisis data dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mata pelajaran olahraga di MTs Negeri 5 Blitar dilaksanakan dengan beberapa tahap: 1) tahap transformasi nilai, 2) tahap transaksi nilai, 3) tahap transliterasi di dalam tahap transinternalisasi ini terdapat tahap kebutuhan yaitu tahap siswa akan merasa membutuhkan apabila tidak dilakukan dan tahap evaluasi yaitu melihat sejauh mana nilai-nilai pendidikan agama Islam dilakukan dalam kesehariannya. (2) Nilai-nilai pendidikan agama Islam yang di Internalisasikan yaitu aqidah akhlak yaitu aqidah, akhlak, fiqih, qur?an hadist, sejarah kebudayaan Islam. (3) Hasil dari internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam mata pelajaran olahraga di MTs Negeri 5 Blitar yaitu untuk membentuk pribadi siswa yang sehat jasmani dan rohani serta memiliki pribadi yang religius. Dalam internalisasi nilai-nilai PAI terdapat tiga aspek yaitu aspek jasmani, aspek rohani, dan aspek jasmani.Ketiganya tersebut saling berkesinambungan guna untuk membentuk pribadi siswa yang sehat jasmani rohani dan memiliki akhlak yang baik. ENGLISH: Education in Indonesia in the last decade reap a lot of problems, one of which is starting kroposnya morality of young people and this becomes an important discussion that should be considered all of us. The essence of the goal of Islamic Religious Education in general is to form learners in order to become the problem then the need for a trobosan one of them started the internalization of Islamic religious education values in sports subjects in the classroom or outside the classroom especially sports subjects. This study aims to: (1) to understand the process of internalizing the values of Islamic Religious Education in sports subjects, (2) to understand the values of Islamic religious education that can be internalized to the students, (3) the value of Islamic religious education in Islamic religious subjects in Madrsah Tsanawiyah Negeri 5 Blitar. This research uses descriptive qualitative approach. Data collection through observation, interviews, and documentation.And data analysis using triangulation method. The result of the research shows that (1) the process of internalization of Islamic religious education values in sports subjects in MTs Negeri 5 Blitar is carried out with several stages: 1) transformation stage, 2) transaction value stage, 3) transliteration stage in this transinternalization stage there is a stage of need that is the stage students will feel the need if not done and the evaluation stage is to see the extent to which the values of Islamic religious education is done in everyday life. (2) The values of Islamic education in the Internalisasikan namely aqidah morals are aqidah, akhlak, fiqih, qur'an hadith, history of Islamic culture. (3) The result of internalization of Islamic religious education values in sports subjects in MTs Negeri 5 Blitar is to form personal students who are physically and mentally healthy and have a religious person. In the internalization of PAI values there are three aspects of physical aspects, spiritual aspects, and physical aspects. The three are mutually sustainable in order to form personal students who are physically fit and have good morals. 

File :
14110046.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang