DETAIL DOCUMENT
Peran guru pendidikan agama Islam dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMPN 1 Sukodadi-Lamongan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Lailiyah, Nurdiyati
Subject
 
Datestamp
2018-07-19 03:51:00 
Abstract :
INDONESIA: Peran sekolah sangatlah penting dalam membentuk perilaku para siswanya. Sekolah berfungsi sebagai fasilitator yang akan mengantar para siswa agar mereka berprestasi dengan iman, ilmu dan amal. Di sekolah peran guru agama sangat dibutuhkan dalam membimbing dan mengarahkan para siswanya terutama berkaitan mengenai akhlak. Masa remaja merupakan masa tidak stabilnya emosi yang kadang-kadang menyebabkan timbulnya sikap dan tindakan yang oleh orang dewasa dinilai sebagai perbuatan nakal. Kenakalan yang terjadi di SMPN 1 Sukodadi sangat beragam bentuknya sehingga perlu diadakan penanggulangan agar tidak menyebar luas. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti dapat merumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMPN 1 Sukodadi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) bagaimana kenakalan siswa di SMPN 1 Sukodadi? 2) apa saja penyebab kenakalan siswa di SMPN 1 Sukodadi? 3) bagaimana peran guru PAI dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMPN 1 sukodadi?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan melalui pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) kenakalan siswa di SMPN 1 Sukodadi adalah pertama memalsukan tanda tangan dan surat izin, kedua berkelahi, ketiga coret-coret tembok, keempat dikanti beli makan saat jam pelajaran, kelima tidak piket kelas, keenam tidak ikut upacara, ketujuh seragam kurang lengkap. Kedelapan membolos, kesembilan ijin kebelakang tapi tidak ke kamar mandi melainkan pergi ke kantin, kesepuluh meninggalkan jam pelajaran, kesebelas ramai saat KBM berlangsung, kedua belas pulang sebelum waktunya, ketigabelas berangkat sekolah tapi ternyata tidak sampai ke sekolah malah bermain PS. 2) penyebab kenakalan siswa di SMPN 1 Sukodadi ada 3 faktor yaitu faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor lingkungan. 3) peran guru PAI dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMPN 1 sukodadi yaitu dengan cara pertama melakukan pendekatan kepada siswa yang bersangkutan, kedua melakukan Pendekatan kepada orang tua/wali murid, ketiga menerapkan hidup disiplin terhadap peraturan yang berlaku, keempat kerjasama dengan masyarakat, kelima memberikan bimbingan dan pengertian, keenam memberikan kontrol, ketujuh memberikan perhatian. ENGLISH: The role of school is very important to shaping behavior of students. School serves as facilitator students who will achievement with faith, knowledge and charity. At school religious teacher role is needed to guiding and directing students especially related to morals. Adolescence is time of emotional instability that sometimes leads to attitudes and actions by adults perceive as naughty acts. Delinquency is happening in SMPN 1 Sukodadi very diverse forms that need to be held countermeasures so as not widespread. Based on this background, researcher were able to formulate the problem in this research is how the role of Islamic religious education teachers in dealing with student misbehavior in SMPN 1 Sukodadi. The problems in this research are: 1) How delinquency student at SMPN 1 Sukodadi? 2) What are the causes of delinquency student at SMPN 1 Sukodadi? 3) How teacher's role in tackling delinquency PAI student at SMPN 1 sukodadi ?. This research is a field through a qualitative approach. Data collection of methods in this study used interviews, observation, and documentation. It could be concluded as : 1) delinquency student at SMPN 1 Sukodadi is the first falsifying signatures and licenses, second fight, third graffiti of wall, fourth at canteen buy some food during breaking school hours, fifth do not picket at the class, sixth do not join the ceremony, seventh incomplete uniform. eighth, Truant ninth permission backward but not to the bathroom, but go to the cafeteria, tenth leaving hours of lessons, eleventh crowded at KBM progress, twelfth, return prematurel, thirteenth go to school but do not go to school even play PS. 2) Causes of delinquency of student at SMPN 1 Sukodadi, there are 3 factors, family factors, school factors and environmental factors. 3) The role of teachers PAI in tackling delinquency student at SMPN 1 sukodadi are, first to approach the students of concerned, second to approach of parents / guardians, third implementing of disciplined life with applicable regulations, fourth cooperation with community, fifth gives guidance and understanding, sixth control, seventh paying attention. 

File :
14110014.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang