DETAIL DOCUMENT
Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal al–Qur’an pada siswa tunagrahita di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Permata Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Arifah, Ulifatul
Subject
 
Datestamp
2018-08-03 02:46:06 
Abstract :
INDONESIA : Anak merupakan titipan dari Allah SWT yang harus dididik dan dibina dengan segala keadaan dan kemampuannya. Karena antara anak yang diberi oleh Allah kemampuan yang luar biasa dan kemampuan yang kurang mereka adalah anugerah dari Allah yang harus dibimbing dan disayangi. Dalam mendidik dan membina anak, tentu tidak terlepas dari orangtua dan guru. Salah satu upaya yang dilakukan guru dalam membina dan menumbuhkan karakter siswa yaitu dengan mengajarkan kepada siswa dalam pemeliharaan Alquran. Dan salah satu cara pemeliharaan Alquran adalah dengan menghafalkannya, karena itu mengajari anak menghafal Alquran harus dimulai sejak dini tanpa harus memilih anak yang cerdas dan yang kurang cerdas, karena mereka memiliki kesempatan yang sama. Tentu bagi siswa dalam menghafal Alquran harus mendapatkan perhatian khusus dari orangtua dan guru terutama untuk siswa yang berkebutuhan khusus, oleh karenanya dibutuhkan komunikasi dan kerjasama yang baik antara orangtua dan guru. Tujuan Penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal Alquran pada siswa tunagrahita (2) untuk mendeskripsikan bagaimana faktor pendukung guru dalam upaya meningkatkan kemampuan menghafal Alquran pada siswa tunagrahita dan bagaimana cara menanggulangi faktor penghambat upaya guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif untuk menganalisa data-data berupa kalimat atau kata. Jenis penelitian yang digunakan adalah bersifat studi kasus, karena peneliti melihat langsung masalah yang terdapat dalam lokasi dan memperhatikan keadaan yang diteliti. Tekhnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan penyajian kesimpulan. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan beberapa temuan tentang upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal Alquran pada siswa tunagrahita di SDIT Insan Permata Malang adalah: (1) upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal Alquran pada siswa tunagrahita disini dengan adanya upaya pertama yaitu mengetahui tingkat kecerdasan siswa tunagrahita, dan upaya kedua yaitu menyusun kurikulum pembelajaran yang didalam nya ada beberapa cara antara lain, dengan dibacakan berulang-ulang kepada siswa tunagrahita, diperdengarkan dan ditirukan oleh siswa tunagrahita. (2) faktor pendukung guru dalam upaya meningkatkan kemampuan menghafal Alquran adalah adanya kerjasama antar elemen sekolah, adanya peran teman sebaya, dan adanya peran lingkungan. Dan faktor penghambat nya antara lain dari faktor orang tua, gadget, dan kurangnya konsentrasi siswa, kurangnya Moody siswa, dan artikulasi bacaan siswa. ENGLISH : Children are entrusted from Allah SWT who must be educated and nurtured with all circumstances and abilities. Because between the child God gives them great abilities and their lacking ability is a gift from God that must be guided and loved. In educating and fostering children, certainly not apart from parents and teachers. One effort made by teachers in fostering and fostering the character of students is by teaching students in the maintenance of the Qur'an. And one way of preserving the Qur'an is to memorize it, because it teaches the child to memorize the Qur'an should start early without having to choose a smart child and the less intelligent, because they have the same opportunity. Of course for students in memorizing the Qur'an should get special attention from parents and teachers especially for students with special needs, therefore required good communication and cooperation between parents and teachers. The purpose of this research are: (1) to describe how the teacher effort in improving the ability of memorizing Alquran to tunagrahita students (2) to describe how the supporting factor of teacher in effort to improve the ability of memorizing Alquran to students tunagrahita and how to overcome teacher inhibiting factor. The research method used in this research is descriptive qualitative research method to analyze the data in the form of sentence or word. Type of research used is a case study, because researchers see directly the problems contained in the location and pay attention to the circumstances studied. Techniques of collecting data in the form of observation, interview, and documentation. Data were analyzed by data collection, data reduction, data presentation and presentation of conclusions. In this research, the researcher found some findings about the teacher's efforts in improving the ability of memorizing the Qur'an to the tunagrahita students in SDIT Insan Permata Malang are: (1) the teacher's efforts in improving the ability of memorizing the Qur'an to the students tunagrahita here with the first attempt to know the level of intelligence of students tunagrahita , and the second attempt is to develop a learning curriculum in which there are several ways, among 

File :
14110078.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang