DETAIL DOCUMENT
Evaluation of character education in El Jasmeen Character Boarding School Singosari Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Arista, Silviya Dwi
Subject
 
Datestamp
2018-10-18 04:25:47 
Abstract :
ENGLISH: In the middle of the luster of modernization, the people grow, there should be a filtration rate because more cultures into our country, so that the culture of the nation. Therefore, it is necessary for parents to choose the appropriate education like boarding school that is dedicated to repair the character of children. This research is aimed at: (1) describing the Evaluation of Character Education applied at El Jasmeen Character Boarding School (2) Understand supporters and inhibiting factors of Character Education Evaluation applied at El Jasmeen Character Boarding School Singosari Research this use short at an qualitative with method descriptive . Data collection techniques use (1) interview (2) observation (3) documentation . Informant determined through purposive sampling. While data analysis using analysis descriptive with use three stage analysis namely (1) Reduction Data, ( 2) Data Presentation , and (3) Conclusion Withdrawal . For checking Data validity writer use perseverance observer , triangulation and checking friend peers . Results research show evaluation used by cottage El Jasmeen Boarding School that is through some stage , among others is in planning cottage Boarding School more first formulate aim that is for repai morals , formulate the grains rules will used , after give proper methods used is with way assessment every rules who they are , the tools that is report cards daily , continued collection of data that is deposited to tutors, tutors also have guidelines alone . Engineering implementation every day . Processing techniques and analysis is on every day at each done prayer dawn and maghrib, as well as in each week , there is also implemented in each month , and move on for every semester. Interpretation of data he could run rules with good then he will get a reward form stickers , and gift to move on, and then punishment already arranged in report cards. Factor supporters there is on readiness of tutors, clear indicators and tools evaluation is fulfilled while the inhibiting factor is rules targeted finished 23 weeks can only so a longer due from understanding different students different . INDONESIA: Di tengah maraknya modernisasi, semakin hari masyarakat semakin berkembang,sehingga perlu adanya filtrasi (penyaringan), karena semakin banyak budaya yang masuk ke negara kita. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memilih pendidikan yang sesuai seperti pesantren yang fokus untuk memperbaiki karakter anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan Evaluasi Pendidikan Karakter yang diterapkan di Pondok Pesantren El Jasmeen (2) Memahami faktor pendukung dan penghambat Pendidikan Karakter Evaluasi yang diterapkan di Pondok Pesantren El Jasmeen Singosari Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara (2) observasi (3) dokumentasi. Informan ditentukan melalui purposive sampling. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan tiga tahap analisis yaitu (1) Reduksi Data, (2) Penyajian Data, dan (3) Penarikan Kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan evaluasi yang digunakan oleh pondok pesantren El Jasmeen yaitu melalui beberapa tahap, diantaranya adalah dalam perencanaan pondok pesantren terlebih dahulu merumuskan tujuan yaitu untuk meperbaiki akhlak, merumuskan butir-butir adab yang akan digunakan, setelah menentukan metode yang tepat metode yang digunakan adalah dengan cara penilaian setiap adab yang mereka, alatnya yaitu raport harian, dilanjutkan pengumpulan data yang disetorkan kepada tutor, tutor pun memiliki pedoman tersendiri. Teknik pelaksanaan setiap hari. Teknik pengolahannya dan analisis ada di setiap hari disetiap selesai sholat subuh dan maghrib, dan juga di tiap minggu, ada juga yang dilaksanakan di tiap bulan, dan move on untuk tiap semester. Penafsiran data ketika dia dapat menjalankan aturan dengan baik maka dia akan mendapat reward berupa stiker, dan hadiah untuk move on, sedangkan punishment yang sudah diatur dalam raport. Faktor pendukung ada pada kesiapan tutor, indicator yang jelas dan alat-alat evaluasi yang terpenuhi, sedangkan factor penghambatnya adalah adab ditargetkan selesai 23 minggu bisa saja jadi lebih lama akibat dari pemahaman siswa yang berbeda beda, tutor yang tidak selalu berada 24 jam karena kesibukan kuliah sehingga kurang maksimal, dan catatan para tutor yang berbeda dalam merangkum hasil observasi anak-anak. 

File :
14110130.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang