DETAIL DOCUMENT
Implementasi metode al-Barqy dalam pembelajaran baca tulis al-Quran di Graha Al-Barqy Kota Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Pristian, Firna
Subject
 
Datestamp
2018-10-18 04:34:13 
Abstract :
INDONESIA: Metode adalah cara yang teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai maksud yang diinginkan. Metode al-Barqy memberikan kemampuan memahami dan menguasai baca al-Qur'an dan menjadikan pelajaran sangat menyenangkan. Metode al-Barqy selain sebagai alat memberikan bimbingan dan pengarahan kepada anak-anak yang belajar dalam menguasai dan memahami cara membaca al-Qur'an diharapkan akan menimbulkan kecintaan kepada kitab suci al-Qur'an. Metode al-Barqy merupakan metode belajar yang fun dan cepat. Tujuan penelitian iniadalah untuk: (1) mendeskripsikan proses perencanaan metode al-Barqy dalam pembelajaran baca tulis al-Qur?an di Graha al-Barqy Kota Malang, (2) mendeskripsikan proses pelaksanaan metode al-Barqy dalam pembelajaran baca tulis al-Qur?an di Graha al-Barqy Kota Malang, (3) mendeskripsikan proses penilaian siswa dalam pembelajaran baca tulis al-Qur?an di Graha al-Barqy Kota Malang Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang di analisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses perencanaan pembelajaran langkah yang paling utama dilakukan yaitu dengan melakukan pelatihan pada setiap guru karena dalam pelaksannan baca tulis al-Qur?an metode al-Barqy berbeda dengan metode yang lainnya. (2) proses pelaksanaan pembelajaran pertama yaitu mengenalkan kata lembaga ? ? ? ?- ? ? ? ?- ? ? ? ?- ? ? ? ? setelah itu guru memimta untuk menirukan selanjutnya ketika ustadzah memberikan cotoh tulisan siswa menirukan khat pada buku yang sudah disediakan. (3) proses penilaian pembelajaran dengan berupa buku monitoring atau buku penghubung buku ini dijadikan suatu penghubung antara pengajar dan orang tua agar dapat sama-sama mengajar sehingga apa yang murid pelajari dapat di murojaah di rumah dengan bantuan orang tua wali murid. ENGLISH: Methods are an orderly and well thought-out way to achieve the intended purpose. The al-Barqy method provides the ability to understand and master the reading of the Qur'an and makes the lesson very enjoyable. Al-Barqy method other than as a tool to provide guidance and direction to children who learn in mastering and understanding how to read al-Qur'an is expected to cause a love of the holy book of the Qur'an. With al-Barqy method only takes 8 hours for children and 200 minutes for adults also brings that al-Barqy method is a fun learning method. The purpose of this study is to: (1) describe the process of planning al-Barqy method in learning to write al-Qur'an in Graha al-Barqy Malang, (2) to describe the process of execution of al-Barqy method in learning to read al- 'an in Graha al-Barqy Kota Malang, (3) describe the process of evaluation of al-Barqy method in learning to write al-Qur'an in Graha al-Barqy Malang City. To achieve the above objectives, a qualitative research approach with descriptive qualitative research is used. Data collection is done by using test method, interview, observation and documentation. The data is analyzed by reducing irrelevant data, exposing the data and drawing conclusions. The results show that, (1) learning planning process the most important step is done by doing training on every teacher because in the implementation of reading al-Qur'an al-Barqy method is different from other methods. (2) the process of implementing the first learning is introducing the word institution ? ? ?- ? ? ? ?- ? ? ? ?- ? ? ? ? ? after that the teacher asks for imitate the next when the teacher gives example student writing imitate khot on the book that has been provided. (3) learning evaluation process in the form of monitoring book and liaison book that contains about day and date of recitation and teacher achievement and signature, this book is made a liaison between teacher and parents to be able to both teach so that what students learn can be in repetition at home with the help of parents guardians. 

File :
14110133.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang