DETAIL DOCUMENT
Penerapan metode Problem Solving untuk meningkatkan kompetensi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di MTsN Pesanggaran Kab. Banyuwangi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Luqoni, Ahmad Fikri
Subject
 
Datestamp
2023-07-20 03:24:24 
Abstract :
INDONESIA: Problem Solving merupakan metode yang sangat efektif apabila diterapkan dalam proses pembelajaran. Penerapan metode Problem Solving, menjadikan siswa bisa ikut berfikir secara aktif untuk memecahkan suatu permasalahan. Namun masih terdapat beberapa kelemahan dalam tahapan penerapannya. Padahal jika tahapan-tahapan penerapan metode Problem Solving dilaksanakan secara maksimal, otomatis dari kajian teoritik yang ada itu akan dapat meningkatkan kompetensi hasil belajar siswa baik dari aspek psikomotor (ketrampilan), aspek afektif (sikap) maupun aspek kognitif (pengetahuan). Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan tahapan-tahapan dari penerapan metode Problem Solving pada mata pelajaran Fiqh di MTsN Pesanggaran Banyuwangi, (2) mendeskripsikan kompetensi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di MTsN Pesanggaran Banyuwangi melalui penerapan metode Problem Solving. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) tahapan-tahapan dari penerapan metode Problem Solving pada mata pelajaran Fiqh di MTsN Pesanggaran Banyuwangi meliputi enam tahapan. Namun masih terdapat dua tahapan yang penerapannya masih belum maksimal, yaitu pada tahap menilai perencanaan dan tahap menilai hasil pemecahan, (2) kompetensi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di MTsN Pesanggaran Banyuwangi melalui penerapan metode Problem Solving mengalami peningkatan yang bagus dan memuaskan. Hal tersebut bisa dilihat dari aspek psikomotor (ketrampilan), aspek afektif (sikap) dan aspek kognitif (pengetahuan) siswa. ENGLISH: Problem Solving is a very effective method when applied in the learning process. Application of Problem Solving method, enabling students to participate actively thinking to solve a problem. But there are still some weaknesses in the application phase. Whereas if the stages of application of Problem Solving method implemented maximally, automatically from the existing theoretical study will be able to improve students' learning outcomes competency either from psychomotor aspect (skill), affective aspect (attitude) and cognitive aspect (knowledge). The purpose of this research is to: (1) describe the stages of the application of Problem Solving method on the subject of Fiqh in MTsN Pesanggaran Banyuwangi, (2) to describe students' learning outcomes competency on Fiqh subjects in MTsN Pesanggaran Banyuwangi through the application of Problem Solving method. To achieve the above objectives, a qualitative research approach with case study research is used. The key instrument is the researcher himself, and the data collection techniques used are observation, interview, and documentation. Data were analyzed by reducing data, presenting data and drawing conclusions. The results showed that, (1) the stages of the application of Problem Solving method on the subject of Fiqh in MTsN Pesanggaran Banyuwangi covering six stages. However, there are still two stages that the application is still not maximized, that is at the stage of assessing the planning and the stage of assessing the results of the solution, (2) the students' learning outcomes competency in the subjects of Fiqh in MTsN Pesanggaran Banyuwangi through the application of Problem Solving method has a good and satisfactory improvement. It can be seen from psychomotor aspect (skill), affective aspect (attitude) and cognitive aspect (knowledge) of student. 

File :
14110188.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang