DETAIL DOCUMENT
Strategi kepala sekolah dan kompetensi profesional guru IPS dalam menerapkan tiga prinsip pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di MTsN 1 Gondanglegi Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Maharditia, Bhima
Subject
 
Datestamp
2018-07-25 07:58:26 
Abstract :
INDONESIA: Dengan semakin berkembangnya dunia Pendidikan dan perubahan Kurikulum, banyak hal yang juga harus dibenahi oleh kepala sekolah baik itu aspek teknis dan non teknis. Berkaitan dengan hal tersebut peningkatan Kompetensi profesional guru IPS harus menjadi salah satu perhatian utama dari kepala sekolah. Karena dengan peningkatan Kompetensi profesional guru IPS baik saat didalam maupun diluar proses pembelajaran akan berpengaruh dalam penerapan prinsip pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Oleh sebab tersebut maka kepala sekolah dituntut untuk memiliki strategi yang tepat guna meningktatkan Kompetensi profesionalisme guru IPS di MTsN 1 Gondanglegi Malang. Penelitiaan ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan kepala sekolah dalam meningkatkan Kompetensi profesional guru IPS. Kompetensi profesional guru IPS dalam menjalankan prinsip pembelajaran Kurikulum 2013 dan masalah yang timbul pada pembelajaran IPS. Penelitian yang peneliti lakukan ini termasuk penelitian deskripsi kualitatif. Metode dalam pengambilan dan memperoleh data yang dilakukan peneliti adalah menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut : strategi kepala sekolah dalam meningkatkan Kompetensi profesional guru IPS adalah dengan (1) melibatkan guru dalam forum MGMP (2) meningkatkan kedisiplinan (3) pemberian motivasi. Penerapan prinsip pembelajaran Kurikulum 2013 oleh guru IPS adalah dengan menggunakan berbagai media yang telah disediakan sekolah dan juga pembuatan media belajar sendiri oleh guru IPS. Berkaitan dengan masalah kesenjangan guru IPS, guru IPS di MTsN 1 Gondanglegi terus belajar secara mandiri agar tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. ENGLISH: The growth of the world of Education and the curriculum changes, many things that must also be addressed by the principal, both technical and non technical aspects. Related to the aspects above, the improvement of professional competence of IPS teacher should be one of the main concerns of the principal and it will influence in applying the principles of learning in accordance with the demands of 2013 Curriculum both inside and outside of the learning process. Therefore, the principal is required to have the right strategy to improve the professionalism competence of IPS teacher in MTsN 1 Gondanglegi of Malang . The research aims at describing the strategies that are used by principal in improving professional competence of IPS teacher. Professional competence of IPS teacher in implementing the principles of learning of 2013 curriculum and the problems in IPS learning. The research included qualitative description research. The methods used interview, observation and documentation. The results of the research can be explained: The Principal strategies in improving professional competence of IPS teacher are (1) involving teachers in Subject Teachers Deliberation (MGMP) forum (2) improving discipline (3) giving motivation. Implementation of the principles of learning of 2013 Curriculum of IPS teacher uses the media that have been provided by the school, and making learning media of IPS teacher. Related to the problems of IPS teacher gap, IPS teacher in MTsN 1 Gondanglegi studies independently and continuously in order to achieve the objectives of learning in accordance with the demands of Curriculum of 2013 

File :
13130096.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang