DETAIL DOCUMENT
Implementasi total quality management pada organisasi pengelola zakat dalam perspektif Islam: Studi kasus Badan Amil Zakat Provinsi Jawa Timur
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Sholeh, Dimas Choirul
Subject
 
Datestamp
2018-08-10 08:59:46 
Abstract :
INDONESIA: Total Quality Management (TQM) merupakan suatu pendekatan penting untuk memperbaiki performa kualitas organisasi secara keseluruhan. Dalam perspektif islam mengajarkan kepada manusia untuk selalu berusaha memperpaiki suatu keadaan. Terlihat jelas bahwa pentingnya melakukan pekerjaan dengan berulang-ulang dan bersungguh-sungguh. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan TQM yang kemudian ditinjau dari perspektif islam dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan TQM pada Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan dengan pendekatan studi kasus pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Timur. Adapun subjek pada penelitian ini berjumlah lima orang terdiri atas stakeholder dalam dan luar. Jenis data yang dipakai yakni data primer yang diambil dari observasi, wawancara dan dokumentasi serta data sekunder yang terdiri dari literatur online dan studi pustaka. Kemudian dari hasil pengumpulan data tersebut dilakukan teknik triangulasi dengan membuat reduksi data terlebih dahulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BAZNAS Provinsi Jawa Timur telah menerapkan variabel TQM yang terdiri dari kepemimpinan manajerial, perencanaan strategis, fokus pada pengelolaan muzzaki dan mustahik, pengukuran analisis, pengelolaan sumber daya amilin dan proses perbaikan ditinjau dari perspektif islam dengan baik. Namun dalam beberapa hal masih ada yang belum dilaksanakan sesuai dengan yang diharuskan seperti pemberian penghargaan kepada amilin guna menunjang motivasi amilin serta penggunaan media informasi online yang belum diperbaharui. Kemudian kendala yang dihadapi terdapat dari sisi internal seperti miss komunikasi dari setiap bagian dan sisi eksternal seperti peraturan pemerintah tentang kebijakan pengumpulan zakat. ENGLISH: Total Quality Management (TQM) is an important approach to improving the overall quality of the organization.In islamic perspektif, teaches people to always try to improve a situation. It is clear that the importance of doing work repeatedly and earnestly.The purpose of this research is to explain the application of TQM which is then reviewed from the perspective of Islam and the constraints faced in the implementation of TQM in Zakat of Management Organization (known as OPZ). This research is a type of qualitative research conducted with case study approach at Nasional Amil Zakatt Agency (known as BAZNAS) in East Java. The subjects in this study amounted to five people consisting of internal and external stakeholders. Types of data used are primary data taken from observation, interview and documentation and secondary data consisting of online literature and literature study. Then from the data collection is done triangulation technique by making data reduction first. The results of this study indicate that BAZNAS East Java Province has applied TQM variables consisting of managerial leadership, strategic planning, focus on muzzaki and mustahik management, measurement analysis, amilin resource management and improvement process from the islamic perspektive well.But in some cases there are still not implemented according to the required such as giving awards to amilin to support amilin motivation and the use of online information media that has not been updated. Then the obstacles encountered from the internal side such as miss communication from each part and the external side such as government regulations on zakat collection policy. 

File :
14540047.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang