DETAIL DOCUMENT
Pengembangan media pembelajaran interaktif Ilmu Tasawuf muatan Akidah Akhlak untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Attaraqqie Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Badriyah, Lailatul
Subject
 
Datestamp
2018-08-07 08:29:25 
Abstract :
?????? ????? ??? ?????? ?? ???? ?????? ????????? ?? ???? ??????? ?????????. ?? ??? ?????? ??????? ?? ????????? ??????? ???? ???? ?????? ????? ???? ??????? ?? ???? ??????? ??????? ?????????. ????? ????? ?????? ????????? ????????? ?? ??????? ?????? ???? ????? ???????? ???? ???? ?????? ??????? ?????? ???????? ???????? ??? ???? ????? ???? ?????? ??????. ??? ????? ??? ????? ?????? ??: (1) ?? ??? ????? ????? ????? ?????? ????????? ?????????. 2) ?? ??? ???? ????? ?????? ????????? ????????? ?????? ???? ?????? ???????? ??????? ????????. ?????? ??????? ????????? ?????? ??? ????? ??????? ????? research and development (RnD) ?? ????? ?????? ????? ??????? ?????????. ??? ??? ??? ???????? ???????? ???????? ??????? ?????????? ??? ?????? ????????? ?????? ? ???????? ?????? ??????. ?????? ??????? ??? (1) ????? ????? ??????? ????????? ?? ?????? ?????? ?? ????? ??? ????????? ???????? ??????? ???????. ???????? ??????? ?? ????? ????? ????? ????? ?????? ????????? ?????????. ???????? ??????? ?? ????? ????? ?????? ????????? ????????? ???????? ?????? ??????? ?? ??????. ??????? ??????? ?? ?????? ?????????. ??? ?????? ?????? ????????? ?? ???? ???????? ????? ??????? ?????????? ??????? ????????. ??? ????? ??????? ??????? ?? ????????. (2) ??????? ??? ????? ???????? ??? ?? thitung = 0?71 ????? ttable = 2?145? ???? ???? ???? ????? ??? ??? ?????? ???????? ??????? ???? ?? ?????? ??????? ?????????. ABSTRACT Sufiism knowledge is one of the learning materials in moral theology, the many of new materials about sufiism basis which is hard to understand by the students makes the researcher has innitiative to use learning media. Interactive learning media in sufiism knowledge is a media using short sentence also using simple button which is easy to operate by the students which can be hoped to improve the interest and student motivation in learning so that the students? score is improved. The purpose of this research is to: (1) Describing the making procedure of sufiism knowledge learning media, (2) Describing the influence of media of sufiism knowledge learning media towards the students? learning result who used media as learning sufiism knowledge. To achive the above purpose, used the research approach in research and development (RnD) with the kind of development kind and research learning media. The data collection done by observation, interview, survey to validator also survey pretest and post test to the students. The research result shows that, (1) The procedure of learning media the first step to be done is information seeking step related to the sufiism knowledge materials content. The next step is the making of media sufiism interactive knowledge by using application based android. The next step is validation and trial. Validation is done by three validators which is content validator, media validator, and learning mediator. Then doing trail step. (2) According to trial result gotten the result that tcount = 0.71 while ttable = 2.145, which means there is significant influence between class using media with class which is not using learning media. ABSTRAK Ilmu tasawuf adalah salah satu materi pembelajaran dalam muatan akidah akhlak. Banyaknya materi baru tentang dasar-dasar ilmu tasawuf yang sulit dipahami oleh siswa membuat peneliti berinisiatif menggunkan media pembelajaran. Media Pembelajaran interaktif ilmu tasawuf adalah media yang menggunkan kalimat singkat serta menggunakan tombol-tombol yang mudah dioperasikan oleh siswa yang diharakan dapat menambah ketertarikan dan semangat siswa dalam belajar sehingga dapat menambah nilai hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan prosedur pembuatan media interaktif ilmu tasawuf. (2) mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran media interaktif ilmu tasawuf terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan media pembalajaran ilmu tasawuf. Untuk mencapai tujuan diatas, digunkan pendekatan penelitian research and development (RnD) dengan jenis pengembangan dan penelitian media pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan observasi, wawancara, angket kepada validator serta angket pretest dan post test kepada siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Prosedur pembuatan media pembejaran langkah pertama yang dilakukan adalah tahapan pencarian informasi terkait dengan isi materi ilmu tasawuf. Tahap kedua adalah proses perencaan pembuatan media pembelajaran inetraktif ilmu tasawuf. Selanjutnya adalah pembuatan media pembelajaran interaktif ilmu taswuf dengan menggunakan aplikasi berbasis androit. Tahapan selanjutnya adalah validasi dan uji coba. Validasi dilakukan oleh tiga validator yaitu validator isi, validator media, dan validator pembelajaran. Selanjutnya dilakukan tahap uji coba. (2) Berdasarkan hasil uji coba diperoleh hasil bahwa thitung = 0,71 sedangkan ttabel = 2.145, yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara kelas yang menggunkan media dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran. 

File :
14110212.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang