DETAIL DOCUMENT
Strategi pemasaran dengan metode kemitraan terhadap pembiayaan pensiunan di Bank Syariah Mandiri KCP Tulungagung
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Suaibah, Suaibah
Subject
 
Datestamp
2018-11-16 06:33:09 
Abstract :
ABSTRAK Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk pembiayaan dan atau bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Bank Syariah Mandiri KCP Tlulungagung mempunyai berbagai macam produk baik menghimpun dana dan penyaluran dana. Salah satu produk yang diberikan oleh BSM KCP Tulungagung adalah pembiayaan pensiunan yang merupakan pembiayaan konsumtif yang hanya diberikan kepada para pensiun yang berasal dari lingkungan pensiunan karyawan (ASN, BUMD, BUMN, TNI, Polri) atau pensiunan yang menerima manfaat pensiun bulanan. Untuk memperoleh pembiayaan pensiunan yang sesuai dengan target maka BSM KCP Tulungagung harus memiliki strategi pemasaran dalam memasarkan pembiayaan pensiunan, yang mana BSM KCP Tulungagung bekerja sama dengan mitra PT Eka Akar Jati. Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah metode kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer hasil dari wawancara dan data sekunder hasil dari kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang strategi pemasaran dengan metode kemitraan terhadap pembiayaan pensiunan yaitu menggunakan strategi marketing mix 7P (Product, price, promotion, place, process, physical evidence) yang mana dalam memasarkan produk pembiayaan pensiunan ini yaitu dari Consumer Banking Relathionship Manager dan empat sales force PT Eka Akar Jati. Kendala dalam memasarkan pembiayaan pensiunan ini yaitu akses maupun jarak tempuh yang jauh dalam berkunjung pada calon nasabah, belum banyak yang mengetahui bahwa di BSM KCP Tulungagung sudah bisa melayani pembiayaan pensiunan, data yang diberikan PT Eka Akar Jati masih belum di filter dan terupdate. Solusi yang dilakukan oleh BSM KCP Tulungagung yaitu melakukan kunjungan lebih banyak kepada calon nasabah, membantu nasabah dalam mengajukan pembiayaan pensiunan, mempromosikan melalui brosur maupun sosial media seperti instagram dan facebook. ABSTRACT Bank is a business entity that collects funds from the public in the form of savings and distributes it to the people in the form of financing and/or other forms in order to improve the living standart of the people. Tulungagung Branch of Syariah Mandiri Bank has a variety of products both collect funds and distributing the funds. One of the products provided by Tulungagung Branch of Syariah Mandiri Bank is retirement allowance which is a consumptive financing that is only provided for retirements from employees' retirement environment (ASN, BUMD, BUMN, TNI, Polri) or retirements who receive monthly retirement benefits.To obtain the retirement allowance in accordance with the target, Tulungagung Branch of Syariah Mandiri Bank must have marketing strategy in marketing the retirement allowance, which the branch cooperate with PT Eka Akar Jati. The method used in this research paper is descriptive qualitative method. Type of data used is primary data resulted from interview and secondary data resulted from library study. The data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. The result of research on marketing strategy with partnership method on retirement allowance is using 7P marketing mix strategy (Product, price, promotion, place, process, physical evidences) which in marketing this retirement allowance product is from Consumer Banking Relations Manager and four sales force of PT Eka Akar Jati. Constraints in marketing the retirement allowance are; (1) the access and the long traveled distance in visiting the rapplicant customers; (2) there are not many who know that in Tulungagung Branch of Syariah Mandiri Bank has already able to serve retirement allowance; (3) the data provided PT Eka Akar Jati has not filtered and updated yet. The solution made by Tulungagung Branch of Syariah Mandiri Bank are to make more visits to the applicant customers, assisting customers in proposing the retirement allowance, promoting through brochures and social media such as instagram and facebook. 

File :
15530011.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang